23 C
New York
Monday, June 10, 2024

Sepekan, Pasar Keuangan Berpeluang Bergerak Sideways

Medan, MISTAR.ID

Kinerja bursa saham di Asia pada perdagangan akhir pekan kemarin ditransaksikan dalam teritori negatif. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sendiri memasuki musim liburan yang membuat dua hari perdagangan pasar saham ditutup.

Sepekan kedepan, minimnya agenda ekonomi akan membuat pasar keuangan lebih banyak mengandalkan faktor teknikal.

Dijelaskan Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, ada tiga agenda ekonomi yang berpengaruh terhadap kinerja pasar secara keseluruhan.

Baca juga : IHSG Bergerak Sideways, Rupiah Kembali Melemah ke 16.000

Menurutnya, ada data kepercayaan konsumen di Amerika Serikat (AS) pertumbuhan ekonomi AS ditambah dengan data inflasi konsumen pada akhir bulan nanti.

“Sehingga IHSG dan kinerja Rupiah berpeluang bergerak sideways, sampai nantinya data ekonomi tersebut dirilis. Pelaku pasar akan lebih banyak mengambil posisi wait and see jelang rilis kedua data tersebut,” sebut Gunawan, Senin (27/5/24).

Disebutkan Gunawan, pada perdagangan pagi ini sejumlah bursa di Asia diperdagangkan di teritori positif. Namun, IHSG dibuka melemah tipis di level 7.219. IHSG pada perdagangan hari ini masih berpeluang untuk menguat meskipun sejauh ini masih berkonsolidasi di kisaran 7.200.

Related Articles

Latest Articles