30.9 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Saham Sandiaga Uno Melesat Gegara Gantikan Luhut Pandjaitan    

Jakarta, MISTAR.ID

Pada awal perdagangan hari ini, Selasa (22/8/23), diketahui saham-saham yang dipunyai Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sama-sama menguat.

Ini setelah Presiden Joko Widodo menunjuk eks Wakil Gubernur DKI itu sebagai menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) dengan status sementara, menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang melakukan dinas ke luar negeri.

Kondisi itu menyebabkan saham-saham milik Ketua Bapilu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu melesat pada awal perdagangan hingga pukul 10.00 WIB. Dari 8 emiten, ada 7 menguat dan 1 melemah yaitu, PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), walaupun AGII sempat menguat 0,27 persen sekitar pukul 09.14 WIB.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Keputusan Elite Partai Tentukan Pendamping Ganjar

“Per hari Sabtu kemarin saya ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim sementara,” tulis Sandiaga melalui unggahan Instagram @sandiuno pada Senin (21/8/2023)

Diketahui Luhut saat ini mendampingi Jokowi mengunjungi beberapa negara di Afrika mulai tanggal 20-25 Agustus 2023. Presiden berkunjung ke Kenya, Tanzania, Afrika Selatan (Afsel) dan Mozambik.

Jokowi mempunyai agenda pertemuan dengan Presiden Kenya, William Ruto. Kedua kepala negara itu bakal menggelar pertemuan bilateral dalam meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Kenya.

Baca juga: Sandiaga Uno Ditunjuk Sebagai Bappilu Nasional PPP

Menurut Jokowi, Indonesia dan Afrika mempunyai hubungan sejarah yang panjang. Ini karena Indonesia sebagai penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di tahun 1955. Juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Non Blok.

Mantan Gubernur DKI ini menyampaikan, Tanzania dan Kenya sudah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun lalu. Itu adalah komitmen Tanzania dan Kenya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Sedangkan Mozambik sebagai negara Afrika pertama yang mempunyai Preferential Trade Agreement (PTA) dengan Indonesia.

Sementara lawatan Jokowi ke Afsel memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS tahun 2023. (cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles