19 C
New York
Monday, May 20, 2024

Rusia Serang Ukraina, Harga CPO RI Tertinggi dalam Sejarah

Banda Aceh, MISTAR.ID

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut harga crude palm oil (CPO) Indonesia melonjak akibat perang Rusia dengan Ukraina. Pemerintah akan menjaga harga ekspor tersebut.

Lutfi awalnya berbicara mengenai domestic market obligation (DMO) yakni seluruh eksportir harus menyiapkan minyak murah untuk kebutuhan dalam negeri. Dengan sistem seperti itu, ongkos dari bahan baku minyaknya jauh lebih murah dibandingkan harga internasional.

Dia lalu menyinggung perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina. Perang dua negara itu membuat harga minyak dunia mengalami kenaikan.

Baca Juga:Harga CPO Diprediksi Masih Tinggi Tahun 2022

“Minyak bumi itu sudah lepas 100 dolar, harga kemarin di Belawan untuk CPO Indonesia sudah mencapai Rp17 ribu, tertinggi dalam sejarah,” kata Lutfi kepada wartawan usai mengecek harga minyak goreng di Pasar Al-mahirah, Banda Aceh, Sabtu (26/2/22).

Pemerintah akan menjaga harga tersebut. Meski demikian, ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah. “Jadi kita mau jaga ini supaya ekspor kita dengan harga tinggi ini kita jaga,” jelas Lutfi.

“Tetapi yang kita kerjakan pada hari ini setengah mati ini adalah memastikan bahwa harga dunia tidak bisa serta merta merusak juga harga domestik karena kita penghasil kelapa sawit minyak goreng terbesar di dunia. Itu yang mau kita pertahankan,” lanjut Lutfi. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles