14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Perbarindo Sumut Bantu Salurkan Penukaran Uang Kartal

Medan, MISTAR.ID

Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Sumatera Utara (Perbarindo Sumut) turut membantu Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut menyalurkan uang pecahan kecil ke masyarakat.

Sebanyak 22 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang tersebar di Sumut telah melakukan penukaran perdana di Loket Penukaran Uang BI Sumut.

“Total uang ada sebanyak Rp6.970.500.000 yang Perbarindo siapkan untuk bisa ditukar menjadi uang pecahan kecil. Kemudian tinggal di salurkan BPR ke masyarakat,” kata Ketua DPD Perbarindo Sumut, Hardey Sabar di Banking Hall Kantor BI Sumut, Senin (4/4/22).

Baca juga:BI Sumut Siapkan Rp2,9 Triliun Uang Baru Sambut Nataru

Hardey mengungkapkan penukaran uang pecahan kecil ini merupakan salah satu rencana kerja pengurus DPD Perbarindo Sumut untuk membantu masyarakat.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Sumut umumnya. Juga masyarakat khususnya bagi nasabah BPR,” jelas dia.

Hardey menjelaskan, Perbarindo merupakan perkumpulan BPR, sebagai wadah anggota BPR/Syariah. BPR/S berfungsi sebagai lembaga intermediasi. Yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan atau deposito. Kemudian menyalurkan dana tersebut kembali kepada masyarakat dalam bentuk penyaluran kredit. Seluruh anggota Perbarindo di Sumatera Utara ada 54 BPR/S. Di mana terdapat 38 BPR konvensional dan sisanya BPR Syariah.

“Semoga kerjasama ini bisa dapat di tingkatkan dengan kegiatan lainnya. Sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi mengungkapkan apresiasi lantaran Perbarindo ikut membantu menyalurkan uang pecahan kecil jelang Idul Fitri 1443 H ini.

“Sepanjang menghadapi Ramadhan ini kami sudah mendistribusikan uang hasil cetak tahun lalu kepada masyarakat senilai Rp1,3 triliun. Ini 25% dari perkiraan kebutuhan uang tunai di ramadhan ini di wilayah kerja kami. Diperkiraan kebutuhannya hingga Idul Fitri 1443 Hijriah akan mencapai Rp5,25 triliun,” imbuhnya.

Doddy bilang, dukungan Perbarindo akan sangat membantu BI Sumut mendistribusikan permintaan uang kartal di Sumut.

“Kami membuka diri juga menambah untuk mendistribusikan uang ini. Sebagai tambahan dari ditribusi melalui bank umum. Kami juga mengumunkan ada 128 titik dari kantor-kantor bank umum. Sedangkan di Perbarindo ada 22 titik yang akan melayani penukaran uang ini. Dan ini gratis tanpa di pungut biaya,” ungkapnya.

Bantuan dari Perbarindo, sambung Doddy, juga membantu negara menghindari uang palsu dan lainnya.

Baca juga:BI Sumut Jamin Ketersediaan Kebutuhan Uang Layak Edar di Bulan Ramadhan

Pada kesempatan ini, BI Sumut juga meluncurkan aplikasi Pintar. Kata Doddy, memang sebelumnya Pintar sudah ada namun penggunaannya untuk menukar uang Kemerdekaan saja.

“Tapi kali ini bisa masyarakat gunakan untuk menukarkan uang ke BI untuk uang pecahan kecil, yang lain jadi lebih luas penggunaannya. Terutama agar tertib di masa pandemi ini. Makanya kita batasi 100 orang per hari kita,” terang dia.

Masyarakat bisa melakukan penukaran setiap Rabu selama Ramadhan atau sebanyak 4 kali penukaran selama Ramadhan dengan batas penukaran hingga tanggal 27 April 2022. Sebelum menukar, masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi pintar.bi.go.id. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles