15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Penumpang Kereta Bebas Masker Mulai Hari Ini, Berikut Syarat Terbaru dari KAI

Jakarta, MISTAR.ID

Pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal diizinkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk tidak menggunakan masker apabila mereka dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Senin (12/6/2023), VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan, “Namun KAI tetap menganjurkan pelanggan melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko penularan Covid-19.”

Aturan ini mengikuti Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Pandemi Covid-19.

Selama masa transisi dari pandemi Covid-19, KAI terus mendukung seluruh kebijakan pemerintah tentang perjalanan kereta api. Relaksasi protokol kesehatan diharapkan akan memulai kebangkitan moda transportasi kereta api dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : PT KAI Divre I Sumut Imbau Penumpang Tiba di Stasiun Satu Jam Sebelum Berangkat

Persyaratan lengkap untuk perjalanan dengan kereta api jarak jauh dan lokal mulai 12 Juni 2023 adalah sebagai berikut:Kemen

  1. Disarankan untuk terus menerima vaksinasi COVID-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi mereka yang rentan terhadap penularan.
  2. Disarankan untuk tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik sebelum dan selama perjalanan, meskipun seseorang dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan virus.
  3. Selain itu, disarankan untuk tetap menggunakan masker jika seseorang dalam keadaan tidak sehat atau berisiko terinfeksi atau menyebarkan virus.
  4. Untuk mencegah penularan, orang yang tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 disarankan untuk menjaga jarak atau menghindari kerumunan.
  5. Tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memantau kesehatan Anda disarankan.

Joni menyimpulkan, “KAI berkomitmen untuk memastikan layanan perkeretaapian yang sehat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan dengan terus memantau pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan COVID-19. (Okezone/hm19)

Related Articles

Latest Articles