18.8 C
New York
Monday, May 20, 2024

Pasarkan Produk UMKM, Bupati Taput Launching Aplikasi Digital Bukkalapo Oktober Mendatang

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan didampingi istrinya Satika Simamora bersama Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan melakukan launching galeri UMKM Taput di Lantai 1 Sopo Partungkoan di Jalan Sisingamangaraja, Tarutung, Selasa (31/8/21) yang diikuti pelaku UMKM daerah.

Lokasi galery memanfaatkan tempat yang dulunya digunakan untuk gudang penyimpanan barang saja dan sekarang ‘disulap’ menjadi galery UMKM. Sebagai bentuk keberpihakan, bupati mengatakan pihaknya akan segera mengupayakan aplikasi Buka Lapo pada Oktober 2021. Aplikasi digital ini diperkirakan akan mengadopsi cara kerja seperti yang sudah dilakukan pelaku e-commerce yang sudah matang seperti Buka Lapak.

“Kita upayakan agar aplikasi Bukkalapo sudah harus launching Oktober mendatang. Mendukungnya harus ada kolaborasi dan sinergi. Jika semua memajang dan menjual produk, maka masyarakat pelaku UMKM pasti maju,” tandas Nikson Nababan.

Baca Juga:Taput Menuju Kota Cerdas-Smart City

Nikson menambahkan, regulasi dan akta notaris sudah difasilitasi sebagai salah upaya Pemkab menciptakan UMKM yang maju, mandiri dan berkembang di daerah itu.

Terkait Galery UMKM, Nikson Nababan mengatakan, jika semua memajang dan menjual produk UMKM di galery, akan memicu kemajuan dan membuka akses pasar bagi pelaku UMKM.

“Tempat ini sangat strategis, tetapi sejak dulu hanya digunakan gudang saja. Lantas saya berpikir, apa salahnya jika diubah menjadi sangat produktif dan menguntungkan UMKM. Pemkab pun merenovasi dan sekarang ruangannya kita buka kepada UMKM,” terangnya.

Baca Juga:Bupati Taput, Terima Data Desa Presisi dari LPPM IPB University

Pada acara launching, hadir juga dari pihak PT Nusa Kreasi Persada yang merupakan mitra dari Kementerian Kominfo RI untuk membantu cara promosi dan penjualan melalui aplikasi.

Sebelumnya, Koordinator Fasilitator UMKM Aktif Selling Hendra Priyadi mengapresiasi atas kepedulian Bupati Taput terhadap kemajuan UMKM Taput. “Kita akan mendampingi dalam skop sosialisasi, tentang bagaimana cara promosi dan penjualan produk UMKM. Manfaatkan dengan baik kesempatan ini, siapa saja yang mau, silahkan mendaftar; akan kita latih hingga sukses,” ajak Hendra.

PT SOL di Pahae melalui program CSR-nya juga membantu UMKM Taput berupa stelling sebanyak 12 unit, freezer 3 unit dan lemari pendingin (display cooler) sebanyak 2 unit. (janpiter/hm12)

Related Articles

Latest Articles