20.3 C
New York
Monday, July 1, 2024

Negara Terseksi untuk Investasi Air: Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Menurut Firdaus Ali, Staf Khusus Bidang Sumber Daya Air (SDA) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Indonesia adalah negara “terseksi” dalam investasi air di dunia.

Indonesia adalah negara terbaik untuk investasi air di dunia. Pada acara JFCC Panel Discussion World Water Forum (WWF) ke-10 di Jakarta, Selasa (4/7/23), Firdaus menyatakan, “Saya berani mengatakan itu.”

Firdaus mengatakan Negara-negara seperti China, Amerika Serikat, dan India sedang berusaha.

Kementerian PUPR sedang “menggodok” kebijakan insentif agar investor asing tertarik untuk investasi di Indonesia. Firdaus menegaskan bahwa pemerintah menghadapi tantangan fiskal.

Dia mengibaratkan bahwa pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp 256 triliun untuk membangun infrastruktur air bersih dalam jangka waktu lima tahun.

Baca juga : Wali Kota Siantar Terima Aset Air Minum Senilai Rp31 M dari BPP Wilayah Sumut

Firdaus mengatakan bahwa pemerintah tidak dapat memanfaatkan lebih dari satu per tiga dari dana yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur air bersih.

Kita membutuhkan akses swasta di sana; jika ada dua hal, swasta akan masuk. Pertama dan terpenting, kepastian. Kepastian apa? Kepastian undang-undang, kata Firdaus.

Yang kedua berkaitan dengan keamanan tarif, karena pihak swasta tidak akan tertarik untuk berinvestasi di sektor tersebut jika hanya ada kepastian regulasi.

“Jangan sampai berganti pemerintahan, kepala daerah, kemudian kebijakannya berubah. Tiga ini sedang kitra dalami, kita siapkan,” katanya.

Karena ketiga hal tersebut menguntungkan perusahaan global dan Indonesia.  (KOMPAS.com/hm19)

Related Articles

Latest Articles