17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Minyak Goreng Curah Kemasan Sederhana Diluncurkan 6 Juli

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan merilis minyak goreng curah yang dikemas dengan kemasan sederhana atau Minyak Kita pada Rabu (6/7/22).

“Rencana iya (akan merilis Minyak Kita),” ungkap Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag Isy Karim, Senin (4/7/22).

Namun, ia tak menjelaskan lebih rinci berapa jumlah Minyak Kita yang dirilis atau diproduksi pada tahap awal.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan sejumlah produsen akan menjual minyak goreng curah berbentuk kemasan sederhana seharga Rp14 ribu per liter.

Baca Juga:Minyak Anjlok di Tengah Ketidakpastian Produksi OPEC+

Pria yang akrab disapa Zulkifli itu mengungkapkan akan mendistribusikan minyak goreng curah yang dikemas dengan kemasan sederhana bermerek Minyak Kita.

Ia menargetkan minyak goreng curah yang dikemas dengan kemasan sederhana ini masuk ke rak-rak ritel modern.

“Karena sudah kemasan, maka pasarnya lebih luas, bisa masuk supermarket. Kalau curah harus dituang, kadang bisa menetes kotor, maka toko, minimarket tidak mau,” jelas Zulkifli.

Baca juga:Harga Sesuai HET Rp14.000 per Kilogram, Minyak Goreng Curah Kini Mudah Ditemukan di Siantar

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan pemerintah akan memberikan insentif kepada pengusaha yang menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu per liter.

Ia mengatakan insentif itu akan diberikan dalam bentuk penambahan jatah ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Ia menjelaskan pengusaha yang mengalokasikan CPO sebanyak 1.000 ton, maka akan mendapatkan jatah ekspor 5.000 ton saat ini.

Nantinya, jika perusahaan itu ikut menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu, maka jatah ekspornya akan ditambah. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles