18.5 C
New York
Friday, September 27, 2024

Minggu Ini Harga Emas Dunia Kembali Meroket Dipicu Berbagai Sentimen Pasar

Jakarta, MISTAR.ID

Nilai  logam mulia memperlihatkan kinerja terkuatnya sejak awal musim semi pekan ini.

Jajak pendapat emas mingguan Kitco News terkini menunjukkan analis pasar dan investor ritel mempunyai konsensus harga emas global akan bullish minggu ini.

Direktur Divisi Lindung Nilai Komersial di Walsh Trading, John Weyer menuturkan, kenaikan harga emas besar-besaran jelang akhir minggu lalu merupakan hasil sejumlah sentimen pasar.

Baca juga: Harga Emas Melambung di Awal Pekan

“Kami mungkin bakal mengembalikan sebagian dari dana itu pada Senin (16/10/23) apabila kondisi tetap stabil dan tak ada eskalasi tambahan selama akhir pekan,” imbuhnya.

Kepala Strategi Pasar di SIA Wealth Management, Colin Cieszynski menyampaikan, yakin terhadap emas untuk pekan mendatang.

“Sepertinya imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Dolar AS sudah stop sebentar untuk saat ini. Kemungkinan bakal terus berlanjut dengan konsentrasi beralih ke laba perusahaan. Sedangkan dengan gejolak perang yang semakin keras, emas mungkin terus menarik minat baru terhadap peran modal mereka yang aman,” sebutnya.

Banyak Sentimen Sebabkan Kenaikan Harga Emas

Baca juga: Pegadaian Siantar Prediksi Jumlah Gadai Barang dan Jual Emas Naik di Akhir Tahun

Ahli strategi pasar senior di Forex.com, James Stanley memandang lebih banyak kekuatan dari emas minggu depan. Disebutkan, James Stanley menunjukan performa besar-besaran minggu kemarin, bahkan saat penguatan USD kembali aktif.

“Tanggapan terhadap keadaan oversold yang saya percakapkan beberapa minggu lalu sangat kuat dan pada titik ini. Saya tak melihat bukti bahwa kondisi tersebut telah selesai,” tambahnya.

Jajak Pendapat Perkiraan Logam Mulia Minggu Ini

Minggu ini, 14 orang ahli Wall Street melibatkan diri dalam jajak pendapat emas Kitco News. Sebanyak 10 orang analisis atau 72 persen memprediksi harga emas akan lebih tinggi pada pekan ini.

Baca juga: Perdagangan Hari Ini, Harga Emas Pegadaian Bergerak Turun

Dua analis atau 14 persen memperkirakan penurunan harga, serta 2 lainnya netral terhadap emas untuk minggu ini.

Sementara itu, 595 suara diberikan dalam survei online. Dari jumlah dimaksud, 431 investor ritel atau 72 persen memprediksi logam mulia bakal naik pada pekan depan.

Related Articles

Latest Articles