16.8 C
New York
Tuesday, August 20, 2024

Lestarikan Rupiah, BI Sumut Launchingkan Modul Cinta Bangga Rupiah untuk Sekolah

Medan, MISTAR.ID

Guna melestarikan Cinta Bangga terhadap Rupiah (CDP), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara menggelar expo education, Xperience and performance of rupiah sekaligus melaunchingkan modul cinta bangga rupiah yang akan diberikan ke sekolah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, IGP Wira Kusuma menyampaikan bahwa expo ini merupakan pameran yang memiliki pendekatan dari education, experience dan performance. Di mana education merupakan bentuk sosialisasi informasi tentang rupiah sehingga paham kemudian cinta dan bangga terhadap rupiah.

“Kemudian experience kita akan diajarkan bagaimana menggunakan rupiah dengan baik, kemudian membedakan uang rupiah asli dan palsu. Dan ketiga performance, di mana uang rupiah ini sudah meniti karir kinerjanya untuk menjaga kedaulatan NKRI, para pejuang rupiah ini telah mendistribusikan sampai ke pelosok tanah air sehingga eksis dan menjaga keutuhan NKRI,” sampainya saat pembukaan expo rupiah di Sun Plaza Medan, Selasa (20/8/24) sore.

Baca juga: Putusan Ambang Batas, Golkar Bisa Usung Calon Tunggal Wali Kota Siantar

Dalam pembukaan yang juga dihadiri berbagai instansi, Wira juga menyampaikan urgensi diadakannya CDP sampai masuk ke sekolah agar menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

“Kita punya rupiah dan dari rupiah kita bisa melihat macam-macam, mulai kekayaan alam, tarian-tarian, pahlawan-pahlawan yang ada di sana dan yang satu hal yang paling penting adalah lambang nasionalisme untuk menjaga kedaulatan NKRI sehingga masyarakat harus paham,” ungkapnya saat ditanyai awak media.

Wira mengatakan bahwa modul CDP ini akan dimasukan dalam kurikulum dan masuk ke dalam pelajaran seperti muatan lokal atau Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan ekonomi.

“Itu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita semakin kuat terutama generasi muda yang harus tau rupiah di era globalisasi sehingga nasionalisme semakin kuat,” ujar IGP Wira. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles