13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Kenaikan Harga Telur Nasional Dipicu Faktor Supply dan Demand

Jakarta, MISTAR.ID

Harga telur ayam terpantau terus mengalami kenaikan melampaui harga acuan yang ditetapkan pemerintah. Panel Harga Badan Pangan mencatat, harga telur ayam ras hari ini, Rabu (21/2/24) pukul 13.35 WIB, naik Rp60 ke Rp29.260 per kg.

Harga tersebut adalah rata-rata harian nasional di tingkat pedagang eceran. Sementara, di beberapa titik di Jakarta-Bekasi, harga telur terpantau sudah di kisaran Rp30.000 per kg.

Harga acuan pemerintah untuk telur ayam di tingkat konsumen adalah Rp27.000 per kg, yang ditetapkan dalam Peraturan Badan Pangan Nasional No 5/2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras, sejak 5 Oktober 2022.

Baca Juga : Bapanas: Kenaikan Harga Telur Karena Keseimbangan Baru

Ketua Asosiasi Peternak Layer Nasional (PLN), Musbar Mesdi mengatakan, kenaikan harga pada telur ayam terjadi karena faktor supply dan demand. Menurutnya, pasokan yang tersedia di bawah permintaan pasar, sehingga menyebabkan harga menjadi naik.

“Biaya produksi di hulu atau di tingkat peternak saat ini tengah mengalami kenaikan, yang mana harga pakan jadi dari pabrik sudah naik tiga kali selama satu bulan ini,” katanya. (cnbc/hm24)

Related Articles

Latest Articles