9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Kemnaker Perkuat Kebijakan Pasar Tenaga Kerja Antisipasi 2023

Jakarta, MISTAR.ID
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan untuk mengantisipasi kompleksitas tantangan ketenagakerjaan pada 2023 pihaknya memperkuat dan mengembangkan kebijakan pasar tenaga kerja.

Dalam keterangan di Jakarta, Senin, Menaker Ida menyebut kondisi perekonomian nasional terutama ketenagakerjaan mulai memperlihatkan kebangkitan. Namun, di sisi lain masih dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti kondisi ketidakpastian ekonomi global pada 2023.

“Meskipun fundamental ekonomi Indonesia dipercaya relatif kuat, namun harus bersiap untuk mengatasi risiko yang berpotensi muncul,” kata Menaker Ida dalam acara doa bersama dan resolusi Kementerian Ketenagakerjaan 2023 di Kantor Kemnaker  Jakarta.

Baca juga:Kemenaker Gelar Pelatihan Practical Office dan Barista Kopi Berbasis Kompetensi di Toba

Dia menyoroti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2022, terdapat sekitar 54,31 persen angkatan kerja berpendidikan SMP ke bawah. Menurutnya, hal itu menjadi tantangan bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas angkatan kerja yang masih relatif rendah.

Selain itu, tingkat pengangguran yang relatif tinggi di perkotaan, kelompok usia muda dan pendidikan menengah tinggi, tingkat pengangguran di perkotaan mencapai 7,74 persen, tingkat pengangguran pada kelompok usia 15-24 tahun mencapai 20,63 persen, sedangkan tingkat pengangguran lulusan SMA, SMK, Diploma dan Perguruan Tinggi sebesar 7,76 persen.

“Indonesia masih memiliki tantangan yakni besarnya pekerja di sektor informal dan pekerja dengan jenis pekerjaan berketrampilan rendah,” kata Ida.

Baca juga:Kepulauan Cook Buka Pintu Lebih Banyak Tenaga Kerja Indonesia

Tidak hanya itu, tantangan digitalisasi juga mengubah permintaan jenis keterampilan di pasar kerja dan hubungan kerja, waktu dan tempat bekerja yang lebih fleksibel.

“Tantangan-tantangan tersebut menjadi semakin berat sehingga banyak yang melihat tahun 2023 adalah tahun yang penuh dengan dinamika,” demikian disampaikan Ida Fauziyah. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles