29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Ini Prediksi Rupiah Pekan Depan

Jakarta, MISTAR.ID

Rupiah di awal pekan selalu konsisten menguat. Namun, nilai tukar rupiah berbalik melemah di akhir pekan menjelang rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS). Dikutip media, Sabtu (7/8/21), rupiah melemah 0,07% ke Rp14.353 per dollar AS. Dalam sepekan rupiah menguat 0,76%.

Ahmad Mikail Zaini, Ekonom Sucor Sekuritas memperkirakan rupiah akan bergerak di Rp14.300 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS. Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong memproyeksikan rentang rupiah berada di Rp 14.000 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS untuk sepekan ke depan.

Mikail mengatakan di awal pekan rupiah sempat menguat karena The Fed cenderung berhati-hati dalam merencanakan tapering off. Bahkan, pelaku pasar sempat mengkhawatirkan ekonomi AS di kuartal ketiga 2021 akan jatuh.

Baca Juga:Rupiah Terkoreksi, Ini Pemicunya

Namun, jelang data tenaga kerja AS yang akan rilis malam ini, pelaku pasar kembali optimistis bahwa data tersebut akan membaik. “Pelaku pasar kini jadi berpikir kembali The Fed akan hawkish di bulan ini,” kata Mikail, Jumat (6/8/21).

Lukman pun mengatakan di akhir pekan pelaku pasar cenderung bersikap wait and see dalam menanti data tenaga kerja AS. Alhasil, rupiah jadi melemah terbatas. Sepekan ke depan jika data tenaga kerja AS membaik, maka Mikail memproyeksikan rupiah akan cenderung melemah. Namun, pelemahan rupiah berpotensi tertahan bila pemerintah melonggarkan PPKM seiring melandainya kasus Covid-19.

Namun, Lukman mengatakan jika data tenaga kerja AS lebih baik dari yang diharapkan pelaku pasar maka penguatan rupiah berpotensi terbatas. (kontan/hm12)

Related Articles

Latest Articles