9.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

IHSG Menguat, Berpeluang ke Zona Hijau

Medan, MISTAR. ID

Kinerja pasar keuangan selama sepekan terakhir tidak seburuk dugaan sebelumnya. Dalam satu pekan terakhir, beberapa kejadian serta data penting yang dikhawatirkan bisa memicu terjadinya tekanan. Ternyata hanya membuat IHSG turun dalam 1 hari perdagangan saja. Selebihnya terpantau mengalami penguatan atau setidaknya ditutup di zona hijau.

Menurut pandangan Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, arahan Trump yang melakukan demonstrasi untuk menolak ditetapkannya Joe Biden sebagai Presiden AS ternyata tidak begitu besar membuat pasar keuangan di zona merah.

“Ekspektasi kemenangan senat dari Demokrat di AS justru memunculkan sikap optimis akan kemungkinan gelontoran stimulus dalam waktu dekat. Terakhir sejumlah rilis data dari AS yang memiliki pengaruh medium terhadap pasar keuangan juga merealisasikan angka yang lebih baik dari ekspektasi sebelumnya,” sebut Gunawan, Jumat (8/1/21).

Baca Juga:Penutupan IHSG, Pelaku Pasar Sementara Fokus ke AS

Dan yang paling mengejutkan, kata Gunawan, Trump pada akhirnya memberikan statemen yang justru pada dasarnya tidak mendukung aksi demonstrasi yang berujung anarkis. Dan sikap Trump tersebut mengakhiri chaos (kekacauan, red) yang terjadi di AS. Dan memicu terjadinya kenaikan kinerja bursa di wall street serta kinerja bursa di Asia.

“IHSG pada sesi perdagangan hari ini dibuka menguat di level 6.190,95. Sempat menembus level 6.200 sesaat walaupun berbalik kembali. Pada perdagangan hari ini, IHSG akan berkonsolidasi di level tersebut. Sementara untuk sentimen negatif, sejauh ini tidak terlihat. Jadi peluang IHSG di zona hijau selama sesi perdagangan sangat terbuka,” urainya.

Namun demikian, menurut Dosen Fakultas Ekonomi UINSU ini kinerja mata uang rupiah justru melemah. Pagi ini Rupiah kembali melemah di level 14.000. kinerja mata uang rupiah sejauh ini masih dikisaran 14.000 per US Dolar. “Pelemahan Rupiah bertolak belakang dengan IHSG belakangan ini,” tukasnya. (anita/hm12)

Related Articles

IHSG Menguat, Rupiah Stabil

Yield Obligasi AS Turun, IHSG Menguat

Latest Articles