20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Harga TBS Sawit di Tanah Jawa Merangkak Naik Rp2.400 Per Kilogram

Simalungun, MISTAR.ID

Pada pekan pertama di September 2024 ini, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tengah merangkak naik di tingkat petani di sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun.

Di Kecamatan Tanah Jawa, harga TBS di tingkat petani kini dibanderol Rp2.400 per kilogram. Harga ini naik Rp30 per kilogram dari harga sebelumnya Rp2.370 per kilogram.

“Kira-kira begitulah harga jual kita petani ini sekarang, tapi lebih baik dari harga penjualan minggu-minggu sebelumnya,” ujar Eko Manurung pemilik timbangan digital di Kecamatan Tanah Jawa, Rabu (4/9/24)

Di tempat terpisah Yetno petani sawit di daerah itu menyebut, harga jual sawit kepada pengepul masih mencapai dua ribuan.

Baca juga:Pengamat: Kenaikan Harga Sawit Belum Bisa Buat Petani Sumringah

“Kalau kami menjual ke pengepul per kilogramnya masih di kisaran Rp2.400 mau belum stabil harganya,” ucapnya.

Dia juga tidak menampik, harga jual TBS ini masih terus berbeda pada setiap pekan. Kondisi ini kata Yetno masih belum membuat petani sawit legah, apalagi saat ini, kondisi cuaca yang tidak menentu di wilayah Kecamatan Tanah Jawa yang berdampak pada tidak stabilnya penghasilan.

“Kalau hujan terus, bagaimana petani untuk memanen sawit. Jadi berkuranglah penghasilan kita,” tuturnya.

Sementara Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) nasional mencatat data daftar harga Kelapa Sawit secara nasional, ada tiga provinsi di Sumatera yang cukup baik, yakni di Sumatera Selatan mencapai Rp2.891 per kilogram, Jambi mencapai Rp2.550 per kilogram, kemudian di Padang Rp3.065 per kilogram. (abdi/hm17)

Related Articles

Latest Articles