11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Harga Sepeda Lipat Anjlok

Jakarta, MISTAR.ID
Setelah sempat naik di Agustus hingga akhir tahun 2020, namun dari awal 2021 harga sepeda drastis turun. Pengguna sepeda pun merasakan bagaimana perubahan harga ini yang berlangsung dalam rentang satu tahun terakhir.

Bahkan, harga drastis anjlok pada jenis sepeda lipat dengan harga tergolong murah yakni di bawah Rp5 juta.

“Awal-awal pandemi mungkin efek ramenya dimanfaatkan produsen, situasinya jarang-jarang jadi harga benar-benar melambung tinggi. Saya juga ikut merasakan, khususnya sepeda lipat yang harga pasaran Rp3 jutaan kemarin bisa tembus 2x lipat ke Rp5 juta hingga Rp6 juta. Saya juga merasakan,” kata Ketua Komunitas Sepeda D’Margo Nadih, Sabtu (12/7/21).

Baca Juga:Danrem 022/Pantai Timur Gowes Sehat Bersama Prajurit

Selain untuk diri sendiri, banyak juga anggotanya yang membeli sepeda anyar demi keperluan hobi. Dari situ terpantau fluktuasi harga sepeda, utamanya sepeda lipat dengan harga murah.

“Sekarang kembali normal, justru di bawah harga normal. Untuk sepeda lipat misal Pacific, kemarin yang Noris Rp5 juta hingga Rp6 juta, sekarang Rp2,5 juta sampai Rp3 jutaan. Jauh banget, makanya yang kemarin dadakan banyak dilego dengan harga yang rugi banget,” kata Nadih.

Kebanyakan yang menjual kembali sepedanya umumnya hanya mencoba-coba demi hobi sesaat. Ketika sudah merasa bosan, serta trennya mulai hilang, maka menjual kembali unit jadi jalan terbaik.

Baca Juga:Tiba di Parapat, Kapoldasu Gowes dan Pantau Situasi Kamtibmas 

Dari situs resmi Pacific Bike, ada beberapa sepeda yang kini memiliki banderol Rp3 jutaan. Misalnya Noris RS (Rp3,5 juta), Noris RX 20′ (Rp3,8 juta), Noris Batman 16′ (Rp3,85 juta), Noris 1.0 VT 16 (Rp3,25 juta) dan Noris RX 16 (Rp3,7 juta).

“Menengah ke bawah agak turun, terutama sepeda lipat, turunnya sangat, enam bulan lalu (Pacific) Noris yang harga 4 juta karena barang kosong peminat banyak, harga barang bisa naik 2-3x lipat. Sekarang kebalikannya, stok distributor banyak, harga turun drastis,” kata pemilik toko dan bengkel sepeda Ajo Bike yang berlokasi di Cisalak Depok.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles