24.6 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

Harga Minyak Berjangka Bangkit di Tengah Ketegangan Politik Timur Tengah

Jakarta, MISTAR.ID

Harga minyak berjangka pulih dari level terendah dalam 7 pekan terakhir karena ketegangan geopolitik meningkat usai Israel membalas serangan Hizbullah. Meski tertekan karena kekhawatiran tentang permintaan di China, harga minyak bangkit hari ini, Rabu (31/7/24).

Harga minyak mentah Brent naik 39 sen atau 0,5 persen, menjadi US$79,02 per barel pada pukul 00.20 GMT menjelang berakhirnya kontrak pada Rabu. Sementara, kontrak Oktober yang lebih aktif berada pada US$78,54, naik 47 sen.

Kenaikan juga terjadi pada harga minyak mentah West Texas Intermediate AS sebesar 52 sen, atau 0,7 persen, menjadi US$75,25 per barel. Kedua harga acuan turun sekitar 1,4 persen sehari sebelumnya dan ditutup pada level terendah dalam tujuh minggu.

Analis IG Tony Sycamore mengungkapkan harga minyak mentah jatuh karena kekhawatiran masih ada tentang prospek permintaan China, serta optimisme yang berkelanjutan terhadap gencatan senjata di Gaza dan ekspektasi bahwa pertemuan OPEC+ minggu ini tidak mungkin menyimpang dari rencananya untuk mulai menghentikan pemotongan mulai Oktober.

Baca Juga : Imbas Serangan Roket ke Dataran Tinggi Golan, Harga Minyak Dunia Naik

Para menteri utama dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, atau OPEC+ akan mengadakan pertemuan komite pemantauan menteri gabungan (JMMC) daring pada Kamis pukul 10.00 GMT

Sumber Reuters mengungkapkan panel tersebut kemungkinan akan tetap berpegang pada kesepakatannya saat ini untuk memangkas produksi dan mulai menghentikan beberapa pemotongan mulai Oktober, meski harga minyak baru-baru ini turun tajam.

Sementara minyak mentah (WTI) tetap di bawah rata-rata pergerakan 200 hari di US$78,66, risiko penurunan tetap ada menuju support garis tren di area US$74,20. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles