19.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Harga Komoditas di Medan Merangkak Naik, Cabai Merah Tembus Rp44 Ribu per Kg

Wiwik, seorang warga Medan juga mengaku kaget dengan naiknya harga ini. Padahal pekan lalu juga masih di harga Rp35 ribuan untuk harga cabai dan itu sudah paling mahal.

“Ini sudah Rp44 ribu. Tanya lagi cabai hijau naik juga. Tomat sampe 2 kali lipat naiknya. Belum lagi beras juga naik,” ucapnya seraya menambahkan sempat membeli ayam potong juga sudah mulai naik lagi.

Terpantau untuk harga ayam naik sedikit yang pekan lalu ada pada harga Rp23 ribu per kilogram, hari ini naik Rp3 ribu per kilogram menjadi Rp26 ribu per kilogram. Dan ini diduga karena mulai banyak permintaan.

Baca juga : Pedagang Pasar di Medan Terus Dimbau Jaga Ketertiban dan Kebersihan

Terpisah, Ketua Tim Pemantau Harga Pangan, Gunawan Benjamin mengatakan dari amatannya harga cabai merah memang sudah naik sejak awal pekan di Kota Medan.
Menurut Gunawan, biasanya memang di awal pekan harga cabai merah ini mengalami kenaikan harga.

“Kini harga cabai merah bergerak dalam rentang Rp40 hingga Rp45 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga cabai merah ini sudah terlihat sebelumnya di bulan Maret dan April. Dimana penurunan harga yang terjadi di kala itu, telah menekan indeks produksi tanaman cabai di bawah level 100, yang berarti harga cabai merah berpeluang untuk mengalami kenaikan. Dan harga yang tercipta saat ini saya nilai bukan merupakan level tertingginya. Masih ada ruang bagi kenaikan harga cabai di bulan depan,” tandasnya.

Sehingga, ditambahkannya potensi capaian harga tertinggi untuk cabai merah di kisaran bulan Agustus atau September nantinya. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles