14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Harga Koin Rp1.000 Sawit ‘Meroket’ di Marketplace, Ini Kata Pengamat

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Uang logam pecahan Rp1.000 bergambar pohon kelapa sawit masih banyak beredar di marketplace meski sudah ditarik Bank Indonesia (BI) dari peredaran. Di lapak online, harga koin ini meroket mulai Rp5.000.000 per keping.

Menanggpi hal ini, pengamat ekonomi Darwin Damanik mengatakan, harga tak wajar koin Rp1000 gambar sawit bisa saja mencapai Rp100 jutaan per koin di marketplace tergantung kalangan kolektor yang suka mengkoleksi barang ataupun uang antik.

“Harga yang tidak wajar ini disebabkan supply dan demand. Kalau banyak yang suka sementara barangnya hanya tersedia sedikit, otomatis harganya naik,” ujarnya kepada Mistar.id, Selasa (12/3/24).

Baca juga: Hari Pertama Ramadhan, Harga Cabai Merah di Siantar Tembus Rp72.000 Per Kg

Darwin melanjutkan bagi para kolektor, pada uang tersebut terkandung nilai yang lebih besar dibanding nominal aslinya.

“Mereka kan mengkoleksi hal tersebut bukan hanya untuk hobi saja, tapi ya dalam jangka panjangnya untuk mendapatkan keuntungan juga,” jelasnya.

Ia menambahkan, semakin tua umur uang yang BI tersebut dan masa penarikannya  juga sudah sangat lama, apalagi jika edisinya khusus dan terbatas, biasanya akan berpotensi memiliki harga yang tinggi di ke depannya.

“Hal-hal inilah yang dipertimbangkan oleh kolektor,” pungkasnya. (Abdi/hm22)

Related Articles

Latest Articles