10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Harga Bitcoin Anjlok 13 Persen Jauh dari Level Tertinggi

Jakarta, MISTAR.ID

Harga Bitcoin terperosok tajam hingga 13 persen. Diperdagangkan di level US$33 ribu per koin sejak Minggu (24/5/21) pagi. Itu jauh dari US$64 ribu atau level tertinggi sepanjang masa yang dicapai sebulan lalu. Demikian laporan diperoleh pada Senin (24/5/21) pagi ini WIB.

Penurunan harga itu memperpanjang rekor pelemahan harga uang kripto yang terjadi belakangan ini. Maklum, Bitcoin menyumbang lebih dari 45 persen pasar kripto global.

Selain Bitcoin, sejumlah mata uang kripto juga jatuh selama akhir pekan kemarin. Ethereum misalnya, diperdagangkan sekitar US$1.900 pada Minggu pagi atau anjlok 20 persen.

Baca Juga: Transaksi Bitcoin Tak Terpengaruh Merebaknya Corona

Dogecoin turun 16 persen dan koin binance turun persen. (Pasar Cryptocurrency tetap buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu).

Itu merupakan lanjutan setelah pada Rabu (19/5/21), penurunan harga uang kripto yang terjadi secara besar-besaran menghapus sekitar US$1 triliun nilai pasar.

Kondisi itu terjadi setelah otoritas China mengumumkan membatasi transaksi cryptocurrency. Itu memicu aksi jual dari pasar.

Baca Juga: Ini Bahaya Soal Risiko Investasi di Mata Uang Kripto

Pernyataan dari Beijing menakuti pasar crypto yang memang sedang tertekan. Akibat pengumuman itu Bitcoin jatuh 30 persen ke level US$ 30 ribu yang merupakan level harga terendah sejak Januari.

Ethereum turun lebih dari 40 persen, dan dogecoin serta binance anjlok sekitar 30 persen.

Selain dari China tekanan juga datang dari sikap CEO Tesla Elon Musk yang pada 12 Mei lalu mengubah komitmen Tesla untuk tak menerima pembayaran bitcoin, dengan alasan masalah lingkungan.(CNN/hm02)

Related Articles

Latest Articles