17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Di Medan, Bawang Merah dan Bawang Putih Tetap Bertahan Rp40 Ribu Per Kg

Medan, MISTAR.ID

Sepekan berlalu dari Hari Raya Idul Adha, harga komoditas di Kota Medan masih terus berfluktuasi.

Hari ini, Kamis (6/7/23), harga cabai merah mulai berangsur-angsur turun. Namun untuk harga bawang merah dan bawang putih masih tetap bertahan mahal.

Dikatakan Vera salah satu pedagang di Simpang Limun Medan, harga cabai merah hari ini di kisaran Rp 32 ribu per kg. Sedangkan bawang merah dan bawang putih masih bertengger di harga Rp 40 ribu per kg.

Baca juga: Cabai Merah dan Bawang Merah di Medan Bertahan Rp40.000 per Kg

“Kalau bawang merah masih ada Rp 36 ribu, tapi ya kualitasnya berbeda dengan yang Rp 40 ribu,” ujarnya pada mistar.id

Sementara untuk harga lainnya masih di harga normal, yakni cabai hijau Rp 16 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 16 ribu per kg dan tomat Rp 8 ribu per kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan di Medan, Gunawan Benjamin menuturkan, harga sempat menyentuh Rp 45 ribu per kg pada pekan lalu. Kini cabai merah di kisaran harga Rp 30 ribuan per kg.

Baca juga: Cabai dan Bawang Merah Merangkak Naik

“Saat ini cabai merah di kisaran Rp 30 ribuan dan stabil dalam 3 hari terakhir belakangan menjadi indikasi keseimbangan harga. Pastinya sudah lebih mahal dibandingkan rata-rata bulan Juni di kisaran Rp 25 ribu per kg. Jadi, untuk cabai merah ini masih mempunyai peluang melanjutkan kenaikan harga,” sebut Gunawan.

Sementara itu, harga cabai rawit juga mengalami penurunan bila dibandingkan pada pekan lalu. Selain cabai merah, harga bawang masih terpantau stabil di kisaran Rp 36 ribu per kg.

“Bawang putih cukup stabil di level Rp 40 ribu per kg nya. Namun saya optimis harga bawang putih bisa turun lagi dalam waktu dekat nanti. Secara keseluruhan, harga cabai masih berpeluang lebih mahal di bulan ini, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sehingga cabai masih sangat berpeluang memicu terjadinya inflasi di wilayah Sumatera Utara pada bulan Juli ini,” pungkasnya. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles