12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BI dan The FED Akan Putuskan Bunga Acuan, Pasar Cenderung Melemah

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah agenda penting akan mewarnai pasar keuangan dalam sepekan kedepan. Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) akan memutuskan besaran bunga acuannya di pekan ini. Pada hari Rabu BI akan menetapkan besaran bunga acuannya terlebih dahulu. Selanjutnya pada hari Kamis The FED akan memutuskan besaran bunga acuannya.

Pelaku pasar sendiri sedang mengamati perkembangan ekonomi, tetapi yang dikhawatirkan bukanlah mengenai seberapa besar bunga acuan nantinya akan dipangkas. Tetapi bagaimana arah kebijakan Bank Sentral nantinya, serta pandangan kondisi ekonomi kedepan yang akan menjadi tolak ukurnya.

“Sehingga pasar akan bergerak sangat volatile, terlebih jika nantinya The FED diproyeksikan akan lebih lama lagi memangkas besaran bunga acuannya,” kata Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengamati pasar keuangan di awal pekan, Senin (18/3/2024).

Pada sesi perdagangan pagi ini, sambung Gunawan untuk kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditransaksikan mendatar dan masih berkutat di kisaran 7.330. IHSG pagi ini juga bergerak dalam dua zona, yang menunjukan bahwa kinerja IHSG masih bergerak ambigu dan belum  menunjukan arah yang jelas.

Baca juga: Berikut Efek Kenaikan Suku Bunga Acuan BI

“Akan tetapi saya lebih melihat potensi koreksi yang lebih besar dibandingkan dengan potensi penguatannya. Demikian juga halnya dengan kinerja mata uang Rupiah. Rupiah pada perdagangan hari ini ditransaksikan melemah di level 15.650 per US Dollarnya,” ujarnya.

Sisi lain, rilis data neraca perdagangan di pekan kemarin menunjukan terjadinya penurunan surplus yang lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya. Surplus neraca dagang hanya sebesar $0.87 miliar, lebih rendah dibandingkan dengan ekspektasi dikisaran $2.3 milyar.

“Perdagangan hari ini, harga emas juga terpantau mengalami penurunan yang sangat tajam. Pelaku pasar pada komoditas emas justru lebih banyak melakukan aksi jual jelang keputusan bunga acuan di pekan ini. Harga emas ditransaksikan di level $2.148 per ons troynya. Saya menilai pasar keuangan dan emas cenderung bergerak melemah hingga keputusan bunga acuan Bank Sentral nantinya,” tutupnya. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles