20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Begini Dampak El Nino, Mulai dari Penyakit Hingga Rawan Pangan

Jakarta, MISTAR.ID

Perubahan iklim yang ekstrim akibat fenomena El Nino berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit. Wakil Presiden MPR RI Lestari Moerdijat juga meminta masyarakat mengantisipasi kemungkinan munculnya penyakit akibat dampak El Nino.

“Oleh karena itu, pemangku kepentingan dan masyarakat harus mengetahui istilah-istilah tersebut dengan persiapan yang matang,” kata Lestari, Senin (7/8/23).

Sebelumnya, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Tjandra Yoga Aditama mengingatkan masyarakat dan pemerintah untuk fokus melawan El Nino yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Baca juga : Antisipasi El Nino, Pemerintah Siagakan 2,2 Juta Ton Stok Beras

Organisasi Pangan Dunia (FAO) juga telah mengeluarkan pernyataan yang meminta negara-negara untuk menerapkan pengurangan risiko dan tanggapan segera terhadap kemungkinan kekurangan pangan dengan menyiapkan strategi stok pangan.

Selain itu, sejumlah masalah kesehatan dapat muncul akibat El Nino, antara lain meningkatnya penyakit menular, penyakit yang ditularkan melalui air, atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam air, serta berkurangnya akses fasilitas pelayanan kesehatan.

Related Articles

Latest Articles