21.5 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Banyak Agenda Penting, Pengamat Prediksi Pelaku Pasar Waspada dan Hati-hati

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah agenda penting dalam sepekan ke depan diprediksi membuat pelaku pasar waspada dan lebih hati-hati. Di tengah agenda penting itu, pasar keuangan di tanah air kembali libur panjang akhir pekan, seiring dengan perayaan hari Raya Waisak.

“Jelang sejumlah agenda besar tersebut, pelaku pasar kembali kepada mode waspada atau hati-hati. Walaupun kita tidak akan melihat adanya potensi tekanan yang besar pada pasar keuangan di pekan ini. Jadi meski pun potensi koreksi, tetap saja ada khususnya pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG),” ujar Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, Senin (20/5/24).

Akan tetapi, Gunawan menilai bahwa koreksi yang terjadi lebih didorong oleh faktor teknikal, mengingat kinerja IHSG yang telah menguat cukup tajam sebelumnya. Pada perdagangan pagi ini, IHSG ditransaksikan menguat seiring dengan penguatan kinerja indeks bursa di Asia.

“IHSG ditransaksikan menguat di kisaran level 7.350-7.360,” imbuhnya.

Baca Juga : Perdagangan Akhir Pekan, Sejumlah Harga Komoditas Mengalami Penurunan

Sementara itu, mata uang Rupiah ditransaksikan relatif stabil meskipun dengan kecenderungan mengalami pelemahan. Rupiah masih berkutat di kisaran 15.960 per US Dolar di sesi perdagangan pagi ini. Secara keseluruhan di pekan ini, pelaku pasar juga akan sangat berhati hati dengan sentimen yang berkembang.

“Pelaku pasar akan tetap waspada menyusul sejumlah agenda penting yang akan di rilis. Meskipun sejauh ini pasar masih memiliki harapan bahwa potensi penurunan bunga acuan masih ada. Namun, ekspektasi tersebut sangat mudah berubah belakangan ini. Karena umumnya sikap optimis pengambil kebijakan belum selaras dengan rilis data ekonomi,” terang Gunawan.

Di sisi lain, harga emas naik dan ditransaksikan di kisaran $2.433 per ons torynya ada pagi ini. Masih karena sikap pasar yang optimis bahwa The FED akan memangkas bunga acuan, setelah rilis data inflasi AS yang sesuai ekspektasi di pekan kemarin.

Gunawan mengatakan sejumlah agenda ekonomi penting tersebut diantaranya adalah pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Menteri Keuangan AS, kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia, dan FOMC (federal open market committee) minutes. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles