24.2 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Alumni UINSU Sukses Mulai Usaha Kreatif Balon Tanpa Modal

Medan, MISTAR.ID

Kerajinan dari balon kini menjadi salah satu bisnis kreatif. Bisnis balon ini kini menghadirkan bermacam produk hadiah maupun dekoratif untuk berbagai acara.

BallonsCraft kini menjadi salah satu pilihan bagi banyak warga Kota Medan yang mencari hadiah dan dekorasi unik.

Pendiri BallonsCraft, Fadhillah Salsabila Putri, mengatakan mereka menawarkan berbagai produk, termasuk balloon bouquet, standing flower, dan pipe cleaner bouquet.

Target pasar utama mereka adalah mahasiswa, khususnya untuk perayaan sidang akhir. Namun produk mereka juga populer untuk acara ulang tahun, peresmian toko, dan stand bazar.

Baca juga: Cerita Arby yang Sukses Jadi Pengusaha Rental Mobil 

“Awalnya kami coba-coba, lah kok bagus. Langsung memberanikan diri untuk menampilkan diri di platform Instagram untuk mempromosikan hasil karya dengan tujuan mendapatkan penjualan,” ungkap alumni Universitas Islam Negeri Sumatera Sumatera Utara ini, melalui pesan tertulis, Sabtu (3/8/24).

Untuk memastikan kualitas, Salsa mengatakan, pihaknya selalu menggunakan bahan yang berkualitas dan melakukan quality control yang ketat.

Mereka memastikan bahwa setiap rangkaian balon indah, sesuai dengan tema acara, dan aman dalam pengiriman. Selain itu, mereka memberikan instruksi kepada pelanggan tentang cara menjaga kualitas produk sensitif ini.

Sebagai usaha yang berfokus pada seni, BallonsCraft juga menerima pesanan custom.

“Kami siap menerima permintaan customer untuk setiap detail orderan, selama barang dan waktu tersedia,” kata Salsa.

Baca juga:Catat, 9 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Pemesanan di BallonsCraft dilakukan melalui format yang sudah disediakan oleh admin, mencakup pemilihan model dan warna, detail request, dan penentuan waktu pengiriman. Setelah pembayaran, pelanggan dapat memilih untuk self pick up atau menggunakan layanan antar ojek online.

Uniknya, Salsa memulai usahanya tanpa modal awal, karena menggunakan sistem pre-order (PO). “Untuk modal awal, tidak ada, karena malakukan sistem PO,” jelas Salsa.

Varian bouquet dijual mulai dari Rp8.000 per tangkai, dan biasanya orang memesan yang 4 tangkai Rp32.000 untuk acara seperti sidang dan wisuda.

Meskipun saat ini hanya beroperasi secara online, Salsa berkeinginan memiliki impian besar untuk membuka toko fisik dan menambah jenis produk kedepannya.

“Ingin mendirikan offline store dan menambah jenis produk,” tambah Salsa.

Promosi yang awalnya dilakukan dari mulut ke mulut, kini diperluas secara aktif melalui akun media sosial.  Selain itu, mereka juga sering mengadakan promo di hari-hari penting, seperti wisuda.

Baca juga:Majukan Usaha Lokal, Pemko Medan Terus Bantu dan Fasilitasi Pelaku UMKM

Meskipun menghadapi beberapa tantangan, Salsa mengatakan semuanya harus dihadapi dengan sikap optimis dan tekad kuat untuk terus maju.

Hubungan baik dengan pelanggan dijaga melalui respon cepat dalam setiap komunikasi orderan.

“Kami juga sering memberikan tambahan jumlah bunga untuk minimal pemesanan,” kata Salsa.

Menurut Salsa, hal ini merupakan salah satu mereka menarik pelanggan. (azmie/hm17)

Related Articles

Latest Articles