23.7 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

Akademisi Nilai Indonesia Punya Peran Strategis dari Sisi Geoekonomi

MISTAR.ID – Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dinilai mampu berperan strategis dari sisi geokonomi di The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Hal ini disampaikan akademisi dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat Prof Rika Ampuh Hadiguna.

“Peran strategis Indonesia tersebut terutama dari sisi geoekonomi,” kata Prof Rika Ampuh Hadiguna, di Padang, Rabu (10/5/23).

Baca Juga: Kepala Negara Hingga Delegasi Gunakan Kendaraan Listrik di KTT ke-42 ASEAN

Guru besar bidang ilmu sistem logistik tersebut mengatakan alasan Indonesia mampu berperan penting karena secara geografis terletak di antara Asia Tenggara, Asia Timur, dan Australia. Artinya, Indonesia menjadi pintu gerbang regional penting bagi perdagangan dan investasi.

Apalagi, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang besar, seperti lahan pertanian, tambang, dan laut yang melimpah. Kondisi tersebut memungkinkan Indonesia untuk menjadi salah satu produsen dan pengekspor utama dalam kawasan ASEAN.

Secara ekonomi Indonesia relatif stabil dibandingkan dengan beberapa negara di ASEAN, dan mampu menjaga pertumbuhan ekonomi yang baik selama bertahun-tahun.

“Indonesia adalah pasar yang besar dengan bermodalkan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi pasar menarik bagi pengusaha dan investor,” tambahnya.

Hal pentin lainnya, Indonesia acap kali memimpin pembicaraan mengenai isu-isu ekonomi dan politik dalam kawasan.

“Ini sangat strategis ditambah kepemimpinan Indonesia dalam KTT ASEAN,” ujar pengajar mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Logistik Unand tersebut. (Antara/hm20)

Related Articles

Latest Articles