19.5 C
New York
Thursday, April 25, 2024

BPJS Kesehatan Medan Pastikan FKTP Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan

Medan, MISTAR.ID

BPJS Kesehatan Cabang Medan memperpanjang kerja sama dengan 15 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) swasta terbesar di Kota Medan. Selain meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi peserta JKN, langkah tersebut juga dijadikan BPJS Kesehatan sebagai momen untuk memperdalam pemahaman seluruh fasilitas kesehatan mitra mengenai penyelenggaraan Program JKN di tahun 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratul Ainy menekankan kepada FKTP agar betul-betul memahami isi perjanjian kerja sama seperti hak dan kewajiban hingga ruang lingkup pelayanan. Hal ini agar FKTP dapat optimal memenuhi komitmen layanan dan membawa perubahan positif bagi pelayanan terhadap peserta JKN.

“Tidak kalah penting dalam aspek peningkatan mutu layanan, monitoring dan evaluasi kepatuhan FKTP ini dilakukan agar tahun depan FKTP dapat meningkatkan kinerjanya dan memastikan semua layanan yang diberikan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Jangan sampai terjadi pelanggaran seperti diskiriminasi layanan pada peserta JKN,” kata Sari, Selasa (3/1/23).

Baca juga:Kantor BPJS Kesehatan di Medan Terbakar

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan juga melakukan evaluasi pelayanan yang diberikan oleh FKTP. Tahun 2023 diharapkan FKTP juga bisa meningkatkan berbagai layanan seperti layanan USG, EKG, gigi palsu, fisioterapi hingga rawat inap tingkat pertama untuk menyempurnakan layanan bagi peserta.

“Kami berharap nantinya FKTP dapat menjadi pusat layanan yang bersifat one stop service. Dengan pelayanan kesehatan yang komprehensif diharapkan dapat memudahkan peserta JKN yang mengakses layanan kesehatan, tentu dengan mengacu kepada standar kompetensi dokter umum di FKTP,” tutur Sari.

Hal yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan ini disambut baik oleh Ketua Perhimpunan Klinik & Fasilitas Pelayanan Kesehatan Indonesia (PFKI) Kota Medan, Riyadh Ikhsan. Ia menyatakan bahwa sebagai langkah awal dalam memulai perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan, perlu diadakan monitoring dan evaluasi kepatuhan FKTP mitra. Riyadh juga menyampaikan bahwa pihakna akan melakukan telaah terhadap upaya untuk memaksimalkan pelayanan di FKTP, sehingga dapat mengurangi volume rujukan ke rumah sakit.

Baca juga:BPJS Kesehatan Luncurkan Data Sampel Terbaru dan New Mobile JKN

“FKTP mitra BPJS Kesehatan kami harap dapat memenuhi komitmen pelayanan untuk menjadi lebih baik. Ini kesempatan bagi kita untuk berbenah dan meningkatkan pelayanan. Saya berharap kepada seluruh mitra meliputi Puskesmas, Dokter Praktek Perorangan (DPP) maupun Klinik Pratama bisa memenuhi komitmen pelayanan dan berkinerja kian prima,” pungkas Riyadh. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles