7.4 C
New York
Monday, February 6, 2023

Korea Selatan Segera Cabut Aturan Penggunaan Masker dalam Ruangan

Jakarta, MISTAR.ID

Korea Selatan akan mencabut aturan yang mengharuskan orang memakai masker di dalam ruangan, kata pihak berwenang pada Jumat (20/1/23) saat mengakhiri salah satu pembatasan pandemi besar terakhir negara itu saat kasus Covid-19 berkurang.

Mulai 30 Januari, penggunaan masker wajah tidak lagi diwajibkan di dalam ruangan, kecuali di transportasi umum dan di fasilitas medis.

Mandat penggunaan masker telah diberlakukan sejak Oktober 2020 dan merupakan salah satu pembatasan era pandemi terakhir yang tersisa di Korea Selatan, dengan aturan lain mulai dari jam malam hingga jarak sosial sudah lama dicabut.

Baca Juga:Korsel Bakal Hapus Wajib Masker di Ruangan, Ini Syaratnya

Negara ini masih mewajibkan mereka yang secara resmi didiagnosis dengan Covid-19 untuk mengisolasi diri selama tujuh hari. “Penyesuaian mandat wajib masker dalam ruangan akan dilaksanakan mulai Senin, 30 Januari, setelah liburan Tahun Baru Imlek,” kata Jee Young-mee, kepala Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Perdana Menteri Han Duck-soo mengatakan rencananya adalah untuk mengubah mandat masker dalam ruangan dari “diwajibkan menjadi direkomendasikan”, katanya pada rapat tanggap Covid-19 pemerintah.

Dia mengatakan keputusan itu dibuat mengingat kemampuan respons medis negara yang kuat, penurunan jumlah kasus kritis dan kematian akibat virus corona, dan tren penurunan infeksi baru. “Faktor risiko eksternal juga dinilai cukup dapat dikelola,” katanya, mengacu pada tanggapan Seoul terhadap lonjakan kasus baru-baru ini di China.

Baca Juga:Kasus Harian Covid-19 Korea Selatan di Atas 70 ribu

Seoul awal bulan ini menerapkan sejumlah peraturan baru bagi pengunjung dari China, termasuk pembatasan visa dan persyaratan pengujian.

China pekan lalu menangguhkan penerbitan visa jangka pendek untuk warga Korea Selatan, sebagai pembalasan nyata atas pembatasan yang diberlakukan pada turis China karena kekhawatiran wabah.

Hampir 30 juta warga Korea Selatan telah terinfeksi Covid-19, dan lebih dari 33.000 telah meninggal, menurut data resmi. Negara itu dilanda salah satu wabah penyakit terburuk di luar China, tempat virus corona pertama kali terdeteksi.(channelnewsasia/hm15)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,701FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles