6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Foxconn: Pembuat iPhone Menawarkan Pembayaran untuk Mencari Pekerja Baru

Zhengzhou, MISTAR.ID

Pemasok Apple Foxconn meningkatkan upaya untuk merekrut pekerja setelah kerusuhan di pabrik iPhone terbesar di dunia.

Karyawan yang berhasil merujuk teman atau anggota keluarga untuk bekerja di pabriknya di Zhengzhou, China akan menerima penghargaan 1.000 yuan (sekitar 2,2 juta rupiah).
Itu terjadi setelah rekaman yang beredar luas secara online minggu lalu menunjukkan protes kemarahan di pabrik tersebut.

Apple telah memperingatkan bahwa pengiriman iPhone 14 barunya akan tertunda karena pembatasan Covid.

Karyawan Foxconn yang merujuk rekrutan baru akan dibayar 500 yuan jika orang tersebut tetap bekerja untuk perusahaan selama 15 hari. Mereka akan mendapatkan 500 yuan lagi jika rekrutan tersebut tetap bekerja selama sebulan, kata sebuah postingan yang dilihat oleh BBC di aplikasi perpesanan populer WeChat.

Baca juga:Pemasok Apple Foxconn Minta Maaf Usai Kerusuhan di Pabrik iPhone China

Bulan lalu, Foxconn meminta maaf atas “kesalahan teknis” dalam sistem pembayarannya setelah protes di pabrik di kota Zhengzhou atas pembatasan Covid dan klaim pembayaran yang terlambat.

Pengumuman itu muncul setelah video yang diposting di media sosial menunjukkan ratusan pekerja bentrok dengan staf keamanan.

Pada akhir Oktober, video yang dibagikan secara online menunjukkan orang-orang melompati pagar di luar Foxconn setelah wabah Covid lalu memaksa staf untuk mengunci fasilitas tersebut.

Perusahaan kemudian merekrut pekerja baru dengan janji bonus yang besar.

Namun, seorang pekerja mengatakan kepada BBC bahwa kontrak ini diubah sehingga mereka “tidak bisa mendapatkan subsidi yang dijanjikan”, menambahkan bahwa mereka dikarantina tanpa makanan.

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa protes dan penguncian Covid berdampak besar pada produksi di tempat yang dikenal sebagai “Kota iPhone” menjelang musim belanja liburan.

“Apa yang dimulai sebulan yang lalu karena kekurangan 3% iPhone 14 Pro tumbuh menjadi 5% minggu lalu dan sekarang kira-kira 10%+ dari keseluruhan unit dengan potensi untuk meningkat selama bulan mendatang tergantung pada peningkatan produksi apa pun dari Foxconn,” Dan Ives dari perusahaan investasi Wedbush Securities mengatakan.

Meskipun Apple belum memperkirakan dampak masalah di pabrik Zhengzhou, Apple telah memperingatkan penundaan pengiriman iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga:Pemasok Apple Foxconn Minta Maaf Usai Kerusuhan di Pabrik iPhone China

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 36.061 infeksi Covid-19 baru untuk hari Rabu(30/11/22), turun dari 37.828 kasus baru untuk hari Selasa(29/11/22).
Kebijakan nol-Covid negara itu dan perlambatan ekonomi global berdampak pada pertumbuhan ekonomi China.

Aktivitas pabrik di ekonomi terbesar kedua dunia menyusut lebih dari yang diperkirakan pada November. Indeks Manajer Pembelian (PMI) turun menjadi 48, turun dari 49,2 pada Oktober, menurut angka resmi terbaru yang diterbitkan pada hari Rabu(7/12/22). (bbc/hm06)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles