14.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Kisah Inspiratif Buka Bengkel Servis Motor, Awalnya dari Tukang Tambal Ban

Deli Serdang, MISTAR.ID

Putra dan Aulia merupakan pasangan suami istri (pasutri) yang sama-sama membangun usaha dari nol.

Pasutri ini sebelumnya tidak pernah terpikir untuk membangun usaha, apalagi bengkel servis motor.

Siapa sangka, Putra yang kala itu berprofesi sebagai tukang tambal ban pinggir jalan, di seputaran Jalan Sampali, Kelurahan Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dan Aulia seorang ibu rumah tangga (IRT), memilih mendirikan usaha bengkel motor yang diberi nama Dragon Servis.

Baca juga: Antisipasi Balap Liar, Polisi Beri Pesan Kamtibmas ke Pemilik Bengkel di Tanjungbalai

Di balik berdirinya usaha yang mereka ramu bersama, termuat kisah suka dan duka. Yuk, mari kita simak ulasan berikut ini, sekedar mengetahui kisah inspiratif pasangan itu dalam membangun usaha.

Saat dikunjungi mistar.id, pada Sabtu (1/7/23) di sela-sela rutinitasnya, Putra bercerita terkait perjuangannya mendirikan usahanya itu.

Dia bercerita sejak awal merintis hingga berdiri sampai saat ini. Putra pun bercerita usaha itu terbangun semula atas anjuran kedua orang tuanya.

Kala itu sekitar tahun 2020 diceritakan Putra, kedua orang tuanya berkata padanya. “Apa gak ada tujuan kamu buka bengkel saja nak? Karena melihat kemampuanmu sudah bisa menjadi mekanik motor. Apalagi kamu sudah lama berpengalaman di bagian otomotif,” ujarnya menirukan orang tuanya.

Dirinya hanya senyum dalam hatinya mendengar ucapan ibunya, karena melihat situasi keadaannya yang tidak ada modal sama sekali.

Baca juga: Pesan Berantai Penyerangan Geng Motor di Medan Resahkan Warga, Kapolres: Tetap Waspada

Sejak mendengar nasehat kedua orang tuanya, ia mulai ada semangat untuk menekuni profesinya sebagai tambal ban dan perlahan sembari menabung setiap hari.

Saat itu Putra berpikir untuk membuka usaha bengkel servis motor, dengan profesinya yang masih menjadi seorang tukang tambal ban di pinggir jalan. Tidak lama kemudian, akhirnya Putra nekat menyandingkan profesinya dengan membuka usaha servis motor kecil-kecilan.

“Mulai dari itu, saya berpikir bagaimana kalau buka servis motor. Terus, tak pikir panjang saya memberanikan diri untuk melakukan usaha itu bersama istri,” katanya.

Memang sempat terbesit di pikiran Putra, bagaimana kalau tidak ada pelanggan yang datang memperbaiki kendaraan. Namun dengan semangat usaha dan kerja kerasnya, tak disangka usaha bengkelnya ramai dikunjungi.

Dengan keyakinan dan tekad yang kuat, pikiran negatif seperti itu pun tak cukup kuat menghalangi Putra dan Aulia untuk terus berjalan maju. Tak hanya teman-temannya yang datang membetulkan motor mereka, kini Putra mempunyai pelanggan tetap. Itu dia dapatkan karena pelayanannya yang baik.

Baca juga: Selamat Tinggal Tukang Tambal Ban, Ban Tanpa Udara Siap Diproduksi

Saat ini usaha Putra bukan sekedar bengkel. Tapi secara perlahan sudah menjual sparepart kendaraan roda 2 juga dan sedikit aksesoris motor.

Usaha yang sudah digelutinya selama 3 tahun ini, sudah mempekerjakan 3 orang karyawan. Padahal, di awal Putra hanya sendirian saja. “Alhamdulillah dari kita sudah mulai buka bengkel, dan saat ini juga sudah ada 3 orang karyawan,” ujarnya.

Dari masa merintis, Putra mengaku, senang sekali rasanya ketika ada yang berkunjung ke bengkel servis motornya. Apalagi kalau ada yang mau beli aksesorisnya.

“Kan kita kalau awal-awal  buka bengkel ada yang berkunjung, pasti semangat kali untuk mengerjakannya. Nah, jadi waktu itu ada yang mau bongkar pasang mesinnya, senang kali rasanya. Saya relakan buat mengerjakan dan usahakan semampunya supaya pelanggan jadi nyaman dengan servis motornya di sini. Semoga bisa jadi pelanggan setia,” tuturnya lagi.

Tak hanya itu, Putra sedikit membagi pengalamannya. Sebagai pengusaha muda, dia berharap generasi muda bisa berinovasi dan berani memulai usaha apa saja.

Baca juga: Rixy Julian Rahmat, Meski Tak Lulus SMK Tapi Sukses Kembangkan Bengkel Motor Listrik

Terlebih di masa pandemi Covid-19 lalu, selain sulit mendapatkan pekerjaan, juga dituntut beraktivitas di rumah. Dia sarankan membuat usaha di rumah agar tetap berpenghasilan.

“Modal itu urusan nanti, yang penting mulai dulu. Kita punya tekad serta konsisten dengan usaha, pasti ada jalan,” kata Putra memberikan inspirasi. (saferius/hm16).

 

 

Related Articles

Latest Articles