0.8 C
New York
Sunday, February 25, 2024

5 Tips Merawat Anggrek Setelah Mekar

Jakarta, MISTAR.ID

Anggrek adalah satu satu bunga yang populer dan banyak disukai. Bentuk dan warna ini sangat beragam, sehingga banyak yang tertarik menanam bunga ini sebagai tanaman hias di rumah. Di alam liar, anggrek hanya mekar setahun sekali. Namun, apabila dibudidayakan anggrek bisa mekar beberapa kali dalam setahun.

Akan tetapi, untuk membuat anggrek mekar berulang kali, tanaman ini memerlukan perawatan khusus. Perawatan tak hanya dilakukan sebelum mekar, setelah mekar tanaman anggrek juga perlu rutin dirawat. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (5/11/23), berikut tips merawat anggrek setelah mekar:

Membuang tangkai bunga yang mati

Setelah anggrek selesai berbunga, cek kondisi tangkai bunga untuk melihat adanya tanda kuncup. Bunga berduri hijau tanpa kuncup terkadang akan berbunga kembali. Namun, jika tangkai bunga layu atau berubah menjadi coklat, sebaiknya potong tangkai tersebut menggunakan gunting yang steril.

Repotting

Tips merawat anggrek setelah mekar lainnya yaitu melakukan repotting. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tanaman anggrek setelah mekar. Setelah mekar, sebaiknya pindahkan tanaman anggrek ke pot yang lebih besar dengan lubang drainase di bagian bawahnya. Anda bisa menggunakan pot dari kulit kayu agar air mengalir dengan bebas.

Atur pencahayaan, penyiraman, dan pemupukan

Tanaman anggrek yang sudah mekar sebaiknya dipindahkan ke area yang terang, namun tidak langsung. Tujuannya agar anggrek bisa menyimpan energi untuk mekar kembali. Selain itu, lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembapan media tanam. Jangan lupa untuk memberikan pupuk organik cair yang sudah diencerkan untuk memicu bunga anggrek mekar kembali.

Turunkan suhunya

Beberapa bulan setelah mekar, tanaman anggrek akan menghasilkan satu sampai dua daun baru. Munculnya daun baru menjadi tanda bahwa tanaman siap berbunga kembali. Ketika anggrek memiliki satu daun berukuran penuh, pindahkan tanaman ini ke area yang sejuk. Meski demikian, pastikan cahaya dan air di area tersebut cukup.

Mendingin anggrek bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, yang paling mudah yaitu dengan memindahkan bunga ke dekat jendela atau luar ruangan. Akan tetapi, pastikan suhu tempat anggrek berada tidak terlalu dingin.

Cari bunga anggrek baru

Mengekspor anggrek di tempat sejuk pada malam hari biasanya akan memicu mekarnya bunga baru. Anda bisa melihat lonjakan bunga baru dalam waktu satu bulan. Paku bunga berbentuk ramping dan ujungnya menonjol seperti kepalan tangan. Jika Anda tidak melihat lonjakan bunga dalam satu atau dua bulan, pindahkan anggrek ke lokasi baru untuk mengetahui perkembangan tanaman.

Saat melihat tanda munculnya bunga baru, pindahkan anggrek ke lokasi aslinya dan rawat tanaman seperti biasa. Paku bunga memerlukan perawatan ekstra dan harus rutin dipotong dengan hati-hati. (kc/hm24)

Related Articles

Latest Articles