16.5 C
New York
Saturday, April 13, 2024

16 Caleg Artis Ini Diprediksi Lolos ke Senayan

Jakarta, MISTAR.ID

Para artis Indonesia ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, dengan maju menjadi calon legislatif (caleg) untuk meraih kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Saat ini penghitungan raihan suara mereka di masing-masing daerah pemilihan (dapil) masih berlangsung.

Supaya melenggang ke Senayan, para artis bergabung dengan partai politik (parpol) untuk mengusung nama mereka sebagai caleg. Namun, beberapa di antaranya maju melalui jalur independen atau tak bergabung dengan parpol apapun.

Baca juga:Real Count, Komeng Raih Suara Tertinggi Sementara DPD Jabar

Nama-nama artis yang masuk dalam daftar penghitungan suara nyata atau real count termasuk Ahmad Dhani, Aldi Taher, Once Mekel, Uya Kuya, Melly Goeslaw, Krisdayanti dan Komeng.

Menjadi informasi, para selebritis Tanah Air itu memperebutkan salah satu dari 580 kursi bersama dengan para caleg yang maju dari 84 dapil. Jumlah jatah kursi DPR dari setiap provinsi dan dapil berbeda-beda, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Ini daftar perolehan suara sementara 16 artis maju menjadi calon anggota DPR dan DPD hingga Selasa (20/2/24).

Komeng 

Baca juga:Berikut Daftar Bacaleg dari Kalangan Artis di Pemilu 2024

Pelawak yang akrab dengan jorgan “Uhuy!”, Alfiansyah Komeng masuk menjadi artis pertama yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD dari dapil Jawa Barat (Jabar) sekaligus peraih suara tertinggi sementara. Komeng sudah meraih 1.783.282 suara atau 16,25 persen warga Jawa Barat.

Data ini sebagai hasil real count sementara di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersumber dari 80.953 dari 140.457 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau setara dengan data 57.64 persen.

Jihan Fahira

Eks aktris sinetron, Jihan Fahira sebagai rival terdekat Komeng dalam memperebutkan kursi DPD di dapil Jawa Barat. Hingga pukul 10.45 WIB, aktris sinetron masa tahun 1990 hingga 2000-an ini sudah meraih 650.420 suara atau 5,93 persen.

Baca juga:Artis Ini Terdaftar Sebagai Bacaleg di Dua Parpol Berbeda

Uya Kuya

Maju sebagai calon anggota DPR yang bertarung di dapil DKI Jakarta II. Sesuai hasil real count sementara, artis yang bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) ini sudah meraih 39.405 suara.

Related Articles

Latest Articles