10.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Stok Gula Pasir di Sejumlah Ritel Modern di Siantar Kosong Hampir Sebulan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Di beberapa gerai Ritel Modern di Kota Pematang Siantar, gula pasir mulai sulit ditemukan. Bahkan diperkirakan sudah sejak 3 pekan terakhir menghilang dari pajangan.

“Sudah tiga minggu lah, enggak ada gula,” kata salah seorang pegawai Indomaret kepada mistar.id saat ditemui di lokasi, pusat kota, Rabu (3/5/23).

Pada dua ritel modern yang berhasil dikunjungi di kota ini yaitu Indomaret dan Alfamart, juga bernasib sama. Seluruh gerai tidak satu pun yang memiliki pasokan gula. Mereka menyatakan sudah tidak menjual gula pasir sudah setengah bulan lebih.

Baca Juga:Bulog: Stok Gula Pasir di Sumut Aman, Masih Ada 10 Ton

Namun, saat ditanya kepada para karyawan yang bertugas di ritel modern tersebut mengatakan dengan kompak bahwa pasokan terhenti sehingga tak ada gula yang dijual.

“Pasokan gula dari supplier belum datang-datang, mau merek apapun itu. Seperti Gulaku, Rose Brand juga sama sudah lama tidak masuk stoknya,” kata salah satu staf kasir di Alfamart Jalan Sisingamangaraja, sembari menunjukan rak gula yang terlihat kosong, hanya gula tepung buat kue yang terisi.

Untuk informasi, harga gula pasir terpantau sama di kedua ritel modern tersebut yakni pada harga Rp13.500 per kilogram sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dipatok oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca Juga:Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Gula Pasir

Hilangnya gula kemasan di ritel modern ternyata membuat pembeli kecewa. Ratna (37), salah seorang pembeli di ritel modern sedang terlihat mengeluh ketika hendak membeli gula pasir tapi rak gula terlihat bersih alias kosong.

“Heran ya, kok bisa kosong?” katanya saat memandang rak-rak yang biasanya diisi dengan gula pasir dari berbagai merek, kini tampak kosong.

Alasan Ratna membeli di ritel modern tersebut karena lebih gampang mendapatkan disaat sedang dibutuhkan dan lebih ekonomis. Alhasil, ia pun akan merencanakan untuk membeli gula ke toko sembako ataupun warung terdekat.

Baca Juga:Tekan Harga Gula Pasir, PT PPI Gelar Operasi Pasar Di Medan

Hanya selang beberapa saat, seorang warga datang ke toko ritel tersebut dan menanyakan tentang ketersediaan gula pasir.

“Habis bu,” ucap pramuniaga di ritel modern tersebut dengan singkat.

Hingga berita ini ditayangkan, sayangnya, stok gula di ritel modern masih juga langka. Beberapa warga di Kota Pematang Siantar mengeluhkan sulitnya mencari gula di ritel-ritel modern, baik minimarket maupun supermarket. (Yetty/hm01)

Related Articles

Latest Articles