9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Rencana Subsidi Mobil Listrik Rp80 Disorot

Jakarta, MISTAR.ID
Dianggap terburu-buru dan tidak begitu matang, rencana pemerintah untuk memberikan subsidi sebesar Rp80 juta untuk pembelian 1 unit mobil listrik mendapat sorotan.

Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah mengatakan, pihaknya sepakat atas keputusan pemerintah yang akan memberikan subsidi kepada masyarakat untuk pembelian unit kendaraan listrik.

Namun, pembahasan di dalam APBN untuk tahun 2023 sendiri sejatinya sudah kelar pada September lalu.

Baca Juga:Ini Dia Mobil Listrik dan Hybrid yang Bisa Dapat Jatah Subsidi Tahun Depan

“Kita akan memasuki tahun 2023, tiba-tiba ada kebijakan di tengah jalan yang seperti ini, ada kesan pemerintah tidak sungguh-sungguh membuat kajian dan juga kemudian membuat di dalam APBN kita tentang NZE (Net Zero Emissions). Kalau ini terus-menerus, maka sesungguhnya capaian yang ingin dicapai oleh pemerintah kurang efektif. Maka menurut hemat saya, mari sempurnakan dulu dan dengan sepeda motor dulu,” kata dia dalam acara Energy Corner CNBC Indonesia, Senin (19/12/22).

Meski begitu, Said mengaku tetap berkomitmen penuh untuk mendorong implementasi ekonomi hijau di Indonesia. Mengingat, ekonomi konvensional yang masih mengutamakan energi fosil seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat membebani keuangan negara dan lingkungan sekitar.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles