6.6 C
New York
Friday, March 29, 2024

Kalimantan Selatan Mencanangkan “Kota Sejuta Kopi”

Banjarbaru, MISTAR.ID

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dwi Putra Kurniawan mengatakan pihaknya bersama dengan Pemkot Banjarbaru mencanangkan penanaman sejuta bibit kopi di Kota Banjarbaru pada Juli mendatang.

“Sudah dibahas oleh Pemkot Banjarbaru, kita berharap sejuta bibit kopi seluruhnya dianggarkan oleh pemerintah setempat,” katanya saat dikonfirmasi di Kota Banjarbaru, Sabtu(3/6/23).

Dwi menyebutkan program penanaman sejuta bibit kopi tersebut merupakan salah satu arahan dari Presiden Jokowi kepada kepala daerah agar setiap daerah memiliki keunggulan spesifik.

“Keunggulan daerah kita adalah tanaman kopi, sehingga kita berupaya agar daerah kita dikenal mancanegara salah satunya melalui program kota sejuta kopi,” ucapnya.

Dwi menuturkan program yang direncanakan pada bulan depan tersebut merupakan salah satu program yang dianggarkan oleh Pemkot Banjarbaru.

Baca juga : Bupati Samosir Tanam Kopi Di KPT Tele

Lebih lanjut, ia mengatakan pula berbagai pihak memberikan atensi terhadap program kota sejuta kopi tersebut.

Ia menyebutkan salah satu lembaga yang ikut memberikan atensi yakni Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalsel.

Dwi mengungkapkan Kepala BPKP Kasel Rudy M Harahap pernah menyampaikan terkait anggaran daerah selayaknya digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Ia juga menuturkan sektor tanaman kopi di Kalsel perlu mendapat perhatian khusus dikarenakan kopi khas Kalsel yakni kopi “Borneo” sudah  dikenal oleh daerah lain bahkan hingga ke mancanegara seperti Asia, Afrika dan Eropa.

Rencana peletakan batu pertama pencanangan kota sejuta kopi direncanakan pada 5 Juli mendatang di daerah Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Setelah peletakan batu pertama, dia menambahkan, sebanyak sejuta bibit kopi yang direncanakan tersebut ditanam secara bertahap karena tergantung ketersediaan bibit kopi.(Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles