9.2 C
New York
Saturday, April 20, 2024

KAI: Jelang Libur Panjang, Jumlah Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Meningkat

Jakarta, MISTAR.ID

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyebut volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan hampir dua kali lipat menjelang libur nasional pada Kamis (1/6).

“Jumlah tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan pada hari Rabu (31/5) dan Kamis (1/6) mencapai sekitar 28.500 per hari, jumlah tersebut meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari yang sama dengan rata-rata per hari sekitar 14.000 penumpang untuk hari Rabu dan Kamis pada waktu normal,” ungkap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Eva juga mengimbau bagi seluruh pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya mengingat mulai Kamis (1/6), Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Baca juga : 1 Juni 2023 Jadwal Keberangkatan Kereta Api Berubah, Berikut Jadwalnya

“Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik. Penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen,” ujar Eva.

Lebih lanjut, Eva menjelaskan sejumlah jadwal KAJJ baik itu keberangkatan maupun kedatangan juga akan mengalami perubahan mulai Kamis (1/6). Untuk itu, KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau kepada seluruh pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada Kamis (1/6) dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA.

“Sebagai contoh KA Gumarang relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Eva, para Pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memperhatikan pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh petugas stasiun.

“Seluruh calon pengguna KAJJ juga diimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah risiko salah satunya terlambat boarding atau tertinggal KA,” ujanya.

Ia menuturkan pemberlakuan Gapeka baru juga memberikan sejumlah manfaat yang langsung dapat dirasakan pelanggan seperti efisiensi waktu perjalanan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Eva juga mengatakan pada Gapeka 2023 akan terdapat empat penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta sehingga total perjalanan menjadi 144 KA.

Selain itu,   terdapat empat KAJJ pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang KAJJ. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles