7.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Jelang Puasa, Harga Daging Tembus Rp150.000 Per Kg

Medan, MISTAR.ID

Menjelang puasa atau Ramadhan 1443 Hijriah/2022 harga daging di pasar tradisional Kota Medan mengalami kenaikan. Amatan di lapangan harga daging segar dijual dari Rp140.000 hingga Rp150.000 per kg. Sebelumnya harga daging segar ini masih bertengger diharga Rp135.000 per kg.

Salah satu pedagang daging di Pasar Simpang Limun bernama Haji Giono mengatakan harga yang naik ini lantaran permintaan yang meningkat dan hal ini terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang hari Ramadhan.

“Karena permintaan harga jadi ikut naik. Lantaran banyak masyarakat kita yang lebih memilih membeli dagingnya saja. Untuk tulang dan isiannya tidak diminati,. Jadi hari ini kita jual Rp140.000 per kg dan kemungkinan bisa naik di H+1 Ramadhan,” katanya, Kamis (31/3/22).

Baca juga:Harga Daging Ayam Ras Masih Mahal di Kota Medan

Sementara itu, salah seorang warga bernama Lia mengatakan harga daging setiap tahunnya menjelang Ramadhan selalu naik. Makanya dua hari sebelum puasa Ia memilih untuk membeli daging. Namun harga juga sudah naik.

“Tadi saya datangi 2 kios tukang daging ada yang jual Rp140.000 ada juga yang sudah Rp150.000 per kg. Saya kira tadi masih dapat Rp135.000 per kg rupaknya sudah naik juga. Tapi gak apalah beli dari sekarang dari pada besok berdesakan,” bebernya.

Terpisah, Disperindag Sumut menuturkan adanya kenaikan harga daging ini sudah terjadi sejak sepekan lalu. Padahal Kemendag RI baru akan mengadakan Sidang Isbat terkait Ramadhan 2022 pada 1 April nanti.

Baca juga:Harga Daging Ayam Ras Masih Mahal di Kota Medan

“Pantauan kami sejak awal pekan lalu sudah terjadi kenaikan harga. Nah, bila dibandingkan pada minggu kelima dan minggu keempat pada Maret ini harga sudah naik hingga 1,7%. Sehingga tercatat kenaikan harga ini sudah mencapai 3,6%. Kenaikan ini masih terkait tingginya permintaan atau pembelian,” jelas Barita

Akan tetapi, sambung Barita untuk pasokan terpantau masih stabil meski stok sedikit. Sementara itu, untuk harga komiditi lainnya terpantau aman dan tidak ada lonjakan harga. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles