-0.6 C
New York
Thursday, February 2, 2023

Indonesia Luncurkan Harga Acuan Sawit Sendiri Pada Juni Mendatang

Jakarta, MISTAR.ID
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menargetkan harga acuan minyak sawit Indonesia bisa mulai diterapkan Juni mendatang. Dengan acuan sendiri itu, Zulkifli berharap Indonesia tidak lagi merujuk harga CPO pada bursa Malaysia lagi.

Hal itu akan mereka wujudkan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Bappebti). Zulkifli menambahkan, kepemilikan harga acuan CPO sendiri selalu disinggung Jokowi dalam sidang kabinet. Hal itu karena harga acuan CPO Indonesia sampai dengan saat ini masih bergantung pada Malaysia.

“Ya sawit, masa kita patokan ke negara tetangga padahal produksi kita paling besar. Yang jelek (kalau seperti itu) siapa? Ya Bappebti. Punya Bappebti tapi kok ikut Malaysia, Bappebti kerjanya apa saja. (Maka itu) Dengan segala kewenangan yang kita miliki Bappebti, kita usahakan sebelum Juni kita sudah punya,” ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/23).

Baca Juga:Respon UU Baru, Malaysia dan Indonesia Ancam Setop Ekspor Sawit ke Eropa

“Yang jelek siapa? Ya Bappebti. Punya Bappebti tapi kok ikuti Malaysia. Loh, Bappebti nya ngapain aja kan gitu,” kata Zulkifli.

Menurutnya, Bappebti harus bisa membuat referensi harga komoditi di bursa berjangka milik Indonesia sendiri. Dengan begitu patokan harga komoditas tersebut tidak perlu lagi mengacu pada bursa Malaysia. Setelah CPO, kata Zulkifli, Bappebti juga membentuk bursa untuk karet, kopi, hingga lada.(cnn/hm10)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,695FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles