8.4 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Harga Daging Mulai Naik di Medan, Imbas Kenaikan Nasional

Medan, MISTAR.ID

Harga daging sapi lokal (lembu) terpantau naik di pasar tradisional salah satunya di Pasar Simpang Limun Medan hari ini, Sabtu (12/3/22), harga daging segar dijual Rp135.000 per Kg.

Sebelumnya, harga daging segar ini dijual diharga Rp130.000 per Kg. Menurut pedagang Haji Giono, kenaikan ini imbas dari kenaikan daging secara nasional. Dua pekan sebelumnya dia masih menjual harga daging segar diharga Rp125.000 per Kg.

“Dua minggu lalu harga mulai heboh (naik) di Jakarta. Kita masih jual Rp125.000 per Kg itupun memang naik lah. Tapi naik Rp5.000 per Kg. Saat ini sudah Rp135.000 per Kg. Harga ini naik lantaran dari PT (perusahaan) juga ada kenaikan. Mau gak mau naik juga,” sebutnya, Sabtu (12/3/22).

Baca Juga:Harga Daging Sapi Mahal, Pelaku UMKM Kembali Dirugikan

Bahkan, menurutnya, menjelang Ramadhan awal April nanti diprediksi harga daging juga akan kembali naik. Seperti tahun-tahun sebelumnya lantaran permintaan cukup tinggi.

“Kalau saat ini permintaan mulai ada peningkatan, banyak yang buat acara syukuran (sedekah) jelang puasa selain memang langganan kami seperti pemilik warung nasi atau bakso,” katanya.

Terpisah, salah satu pedagang daging segar di Pasar Petisah Medan bernama Sofyan mengatakan, harga daging segar saat ini dijual masih bertahan di Rp140.000 per Kg.
Harga ini menurutnya sudah naik sejak 2 minggu lalu.

Baca Juga:Harga Daging Sapi dan Kerbau di Siantar Naik Rp10 Ribu per Kg

“Kita sudah naik sejak dua minggu lalu. Begitupun seminggu sebelum puasa bisa naik signifikan ini. Seperti tahun sebelumnya. Bisa naik menjadi Rp150.000 per Kg. Karena banyak permintaan. Kalau saat ini hanya langganan kita atau pembeli untuk konsumsi saja,” jelasnya.

Kenaikan ini ditambahkan Sofyan juga imbas kenaikan daging secara nasional. Sebab membeli daging tidak lagi dari peternak melainkan melalui perusahaan.

Amatan mistar.id di lapangan, untuk harga komoditas lainnya seperti cabai merah juga masih bertahan mahal di harga Rp52.000 per Kg, bawang merah juga bertahan mahal diharga Rp32.000 per Kg. Begitu juga harga tomat masih sama Rp16.000 per Kg.

Baca Juga:Harga Daging Segar di Kota Medan Naik Rp10.000 per Kg

Sedangkan, bawang putih diharga normal Rp28.000 per Kg sama seperti harga cabai rawit Rp40.000 per Kg. Berdasarkan data dari Dinas Perindag Sumut, disebutkan bahwa kenaikan sari daging segar ini imbas kenaikan secara nasional.

“Karena naik secara nasional ikut berimbas pada harga di Sumut. Hal ini juga karena permintaan dan kebergantungan import sapi menjadi penyebabnya. Sehingga terjadi kenaikan untuk daging segar ini sekitar 1,6% di Sumut. Harga tertinggi untuk daging ini ada di Kabupaten Madina Rp155.000 per Kg dan terendah di Kabupaten Karo Rp110.000 per Kg. Untuk di seluruh Kota IHK tercatat rata-rata dijual Rp133.611 per Kg,” ungkap Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Barita Sihite.

Sedangkan harga cabai merah sendiri, Barita menyebutkan, lantaran memang cuaca yang buruk sehingga stok terganggu. Namun tidak terjadi kelangkaan dan masih aman di lapangan.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles