6.6 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Gempa Turki Dongkrak Harga Minyak 78,47 Dolar AS per Barel

Jakarta, MISTAR.ID

Dampak gempa Turki tidak hanya menghempas gedung-gedung dan sejumlah bangunan serta merenggut puluhan ribu korban jiwa. Harga minyak dunia ikut terdampak, hingga naik untuk hari ketiga berturut-turut pada Rabu (8/2/2023) sore atau Kamis (9/2/2023).

Untuk minyak mentah Brent, harga naik US$1,40, atau 1,7 persen ke US$85,09 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik US$1,33 atau 1,7 persen ke US$78,47 per barel.

Analis menyebut kenaikan dipicu komentar Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell pada Selasa (7/2/2023) lalu yang terlihat kurang hawkish atau agresif dalam menaikkan bunga acuan. Hal itu membuat dolar AS tertekan.

Baca Juga: Jumlah Korban Tewas Gempa Turki Tembus 20 Ribu Jiwa

Pelemahan dolar tersebut kata mereka, mendorong harga minyak.

“Komentar Ketua Fed Powell kemarin, berlaku sama untuk komoditas industri seperti minyak. Itu memberikan angin segar sehingga membuat harganya naik,” kata Presiden Ritterbusch and Associates LLC Jim Ritterbusch seperti dikutip dari Reuters.

Penguatan juga dipicu keputusan OPEC+ pada pekan lalu yang tetap mempertahankan pembatasan produksi dan gempa bumi besar yang melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) lalu.

Analis menyebut gempa tersebut telah mengganggu pasokan minyak mentah dari Irak dan Azerbaijan keluar dari pelabuhan Ceyhan di Turki.(CNN/hm02)

Related Articles

Latest Articles