5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Erick Thohir Sebut Bauksit Indonesia 90% Diekspor ke China

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia memiliki peran penting di dunia. Menteri BUMN Erick Thohir bahkan mengatakan jika ada kekacauan di Indonesia, dampaknya menjalar ke negara-negara lain.

“Sekarang apakah para negara sahabat seperti Singapura, Malaysia tidak mengharapkan keamanan untuk Indonesia? Kalau Indonesia chaos saya yakin regional chaos. Bukan nggak mungkin, negara-negara sahabat di Asia pun chaos,” kata Erick dalam acara media Selasa (28/2/23).

Erick kemudian menyebut, 90% bauksit Indonesia diekspor ke China. China, kata dia, merupakan produsen kaca penyerap panas nomor 1 di dunia.

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Stop Ekspor Bijih Bauksit Mulai Juni 2023

“Kenapa, bauksit Indonesia 90% ke China. Nomor 1, memproduksi yang namanya kaca buat panas, menyerap panas itu China nomor 1,” ujarnya.

Selain itu, Erick juga menyebut kini Korea Selatan tengah investasi besar-besaran di mobil listrik.

“Sahabat-sahabat kita dari Korea sekarang lagi investasi besar-besaran mengenai apa, mobil listrik. Karena mereka bisa melihat ‘Oh mereka bisa lebih baik dari teman-teman yang lain’. Kan kompetisi,” jelas Erick.

Baca juga: Cari Tahu Hilirisasi Bauksit, Komisi VII DPR RI Datangi Inalum

Erick kemudian menyebut, Amerika Serikat (AS) juga memerlukan Indonesia. “Itulah kenapa kita penting di sini. Tentu dari negara lain Amerika perlu kita juga. Kita negara non blok yang tidak punya alliance,” ujarnya. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles