5.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

BI Targetkan 899.736 Pengguna Baru QRIS di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Tahun 2023 ini, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) targetkan penambahan pengguna baru Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sebanyak 899.736 dengan target volume transaksi sekitar 25,4 juta transaksi. Hal ini dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi pada kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) di Kantor BI Sumut, Jalan Balaikota Medan, Selasa (28/2/23).

“Hingga 13 Januari 2023, jumlah merchant QRIS di Sumut tercatat telah mencapai 944 ribu merchant atau tumbuh 31% (yoy), dengan proporsi terbesar pada segmen mikro (64,52%). Secara spasial, jumlah merchant QRIS tertinggi berada di Kota Medan dengan total merchant yang mencapai 445 ribu (47% dari total merchant),” katanya.

Sementara itu, dari sisi pengguna, hingga Desember 2022 telah terdapat 1,02 juta tambahan pengguna baru QRIS di Sumut atau 103,79 persen dari target.

Baca juga: BI Targetkan Keberhasilan Penggunakan QRIS di Ajang F1H2O

“Kita harap target ini dapat tercapai seperti tahun 2022 yang capaiannya melebihi target. Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat Sumut sekaligus mendukung capaian target pengguna dan volume transaksi QRIS pada tahun ini, kami telah melaksanakan beberapa sosialisasi keuangan digital dan perlindungan konsumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada mahasiswa, pelajar, komunitas wanita pengusaha atau IWAPI, serta kolaborasi bersama stakeholders,” jelasnya.

Kegiatan itu diantaranya, edukasi QRIS di SMP Yaspendhar Medan, Student Ekskursi bersama mahasiswa Universitas Medan Area dan SMA Bangun Insan Mandiri pada 17 dan 23 Februari 2023, serta edukasi literasi finansial untuk generasi muda cerdas mengelola
keuangan dan Cinta Bangga Paham Rupiah di UMSU pada 8 Februari 2023.

“Kemudian, kegiatan sosialisasi sistem pembayaran digital dan pameran produk unggulan UMKM Binaan pada HUT IWAPI Medan pada 17 Februari 2023 dan sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan sosialisasi sistem pembayaran digital QRIS bersama Komunitas Sembelih Halal Medan dan Lembaga Bina Ekonomi Indonesia pada 25 Februari 2023 lalu,” pungkasnya.

Disebutkannya, dalam rangka mendukung perluasan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sejalan dengan arahan Permendagri No 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi dan Kabupaten/Kota
serta Tata Cara Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, maka TP2DD perlu menyusun roadmap atau rencana aksi ETPD di daerah masing-masing.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami telah melakukan audiensi dan rapat koordinasi bersama TP2DD Kabupaten Serdangbedagai, Karo dan Pakpak Bharat terkait dengan penyusunan Roadmap TP2DD. Sejalan dengan itu, kami juga akan menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2023 di Plaza Medan Fair 16-19 Maret 2023 mendatang yang
sekaligus dapat mendukung Program 45 Juta Pengguna QRIS,” tandasnya.

Baca juga: BI Sumut Bakal Siapkan 172 ATM, Money Changer dan QRIS di Event F1H2O

Sementara itu, dalam kesempatan itu ia memaparkan bahwa tren pemulihan ekonomi Sumatera Utara terus berlanjut dan mencatat pertumbuhan 5,26% (yoy) pada triwulan IV-2022 lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya.

Realisasi Pertumbuhan Ekonomi Sumut Triwulanan (%,yoy) Konsumsi rumah tangga yang menguasai pangsa terbesar dari sisi pengeluaran mencatatkan peningkatan di triwulan IV 2022 seiring masuknya periode HBKNNataru yang tercermin dari hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) yang meningkat khususnya untuk makanan, minuman dan tembakau, serta peralatan rumah tangga.

“Dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian yang memiliki pangsa terbesar mengalami peningkatan seiring dengan puncak masa panen kelapa sawit dan tren peningkatan NTP dan harga rata-rata gabah kering giling dan panen seiring kembali pulihnya permintaan,”
pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles