10 C
New York
Friday, May 10, 2024

Acara Hajatan Meningkat Dorong Harga Ayam Naik di Medan

Medan, MISTAR.ID

Harga daging ayam potong (broiler) sepekan belakang ini di Kota Medan merangkak naik. Setiap hari harga terus naik mulai dari Rp25.000 hingga Rp37.000 per Kg.

Dikatakan Irman salah satu pedagang ayam potong di Pasar Simpang Limun Medan kenaikan ayam ini lantaran permintaan yang cukup tinggi pasca lebaran.

“Banyak untuk acara hajatan seperti kawinan atau acara syukuran lainnya,” kata Irman pada Mistar, Kamis (18/5/23).

Adapun untuk harga hari ini dijual Rp35.000 untuk harga kotor atau tidak ikut kepala atau kaki. Sedangkan untuk harga bersih dijual Rp37.000 per kg.

Baca juga: Harga Telur Kembali Naik, Daging Ayam Masih Mahal di Siantar

“Jadi sebelumnya harga ayam ini Rp24.000 tapi setiap hari naik Rp1.000 per kg sampe menyentuh Rp37.000 per kg,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, salah satu penjual ayam potong di Pasar Petisah bernama Anto juga mengatakan hal yang sama terkait kenaikan harga untuk daging ayam sejak seminggu ini.

“Sempat Rp25.000 per kg, tapi setiap hari naik harganya sekarang diharga Rp35.000 hingga Rp37.000 per kg,” urainya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Manusia kenaikan memang terjadi pada harga ayam broiler. Bahkan tercatat kenaikan ini sudah terjadi sejak awal Mei 2023.

Baca juga: Harga Emas Tanggal 17 Mei 2023, Turun Rp7 Ribu

Tercatat harga rata-rata di bulan Mei (sampai tanggap 15) sudah naik sebesar 8,3 persen bila di bandingkan harga pada April 2023. Kenaikan ini lantaran permintaan yang tinggi pasca Hari Raya Idulfitri 2023 lalu.

Disisi lain, sama halnya dengan amatan Ketua Tim Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin kenaikan harga ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan karena setelah Ramadan dan Idulfitri selalu dibarengi dengan peningkatan konsumsi khususnya untuk acara adat atau hajatan tertentu.

“Fakta dilapangan memang sejumlah acara hajatan mengalami peningkatan. Tetapi sayangnya belum mampu memberikan perubahan besar pada konsumsi komoditas pangan seperti bumbu-bumbuan. Dan bukan hajatan saja, kegiatan belajar mengajar yang sudah kembali aktif seharusnya juga mampu mendorong konsumsi masyarakat,” sebutnya.

Baca juga: Ayam Potong di Deli Serdang Terus Merangkak Naik

Selain daging ayam, ditambahkan Gunawan harga telur ayam juga mengalami kenaikan di bulan Mei ini, kenaikannya rata rata mencapai 1.000 per Kg. Dari posisi Rp26.000 an per kg menjadi Rp27.000-an per Kilogramnya. Harga telur ayam mengalami kenaikan sejak pekan pertama bulan ini. Diprediksi dua komoditas sumber protein ini, akan menyumbang inflasi pada bulan Mei. (Anita/hm21).

Related Articles

Latest Articles