21.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Berikut Prakiraan Cuaca Beberapa Wilayah di Sumut Hari Ini, Sedia Payung Sebelum Hujan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya, Kamis (18/5/23).

Prakirawan BMKG wilayah I Medan Endah Paramita mengatakan, pagi hari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan. Siang hingga sore hari juga berawan, namun hujan ringan hingga lebat disertai petir diprediksi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara.

“Potensi hujan lebat disertai petir diperkirakan akan terjadi di Langkat, Deli Serdang, Dairi dan Tapanuli Tengah (Tapteng),” ujarnya.

Baca juga: Hari Ini, BMKG Deteksi 7 Titik Panas di Sumut

Endah mengatakan malam hari akan kembali berawan. Tapi, hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah seperti Langkat, Binjai, Deli Serdang, Toba dan Labuhanbatu.

“Dini hari nanti hampir seluruh wilayah di Sumut berawan,” ucapnya.

Endah mengatakan, suhu udara di Sumut hari ini berada pada kisaran 17.0-34.0⁰C. Kelembaban udara 65-95%, sementara angin yang bertiup dari barat laut ke timur laut berkekuatan 10-30 km/jam..

Baca juga: BMKG Prediksi Beberapa Kota di Indonesia Alami Hujan Petir, Medan Termasuk?

Endah juga mengimbau kepada masyarakat yang berdomisili di wilayah pegunungan, pesisir barat dari lereng timur untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir.

“Ada dua titik panas (hotspot) terdeteksi di Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo hari ini,” pungkasnya. (ial/hm21).

Related Articles

Latest Articles