-0.8 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Pohon Eksotis Ini Bisa Berubah Jadi Pelangi

MISTAR.ID
Pohon kayu putih atau eucalyptus paling dikenal karena daunnya yang harum dan menjadi sumber makanan utama bagi koala, tetapi tahukah Anda bahwa pohon ini juga bisa sangat berwarna?

Faktanya, Eucalyptus deglupta sangat berwarna sehingga dikenal dengan nama rainbow eucalyptus. Ketika pohon yang luar biasa ini melepaskan kulitnya, hampir terlihat seperti pensil warna yang diasah dan menjadi pemandangan indah yang tak terlupakan.

Juga dikenal dengan sebutan ‘Mindanao Gum’ atau ‘Rainbow Gum, jenis pohon eucalyptus ini adalah pohon tinggi yang unik karena merupakan satu-satunya pohon kayu putih yang hidup di hutan hujan dan hanya satu dari empat spesies yang ditemukan di luar Australia.

Baca Juga:Memilih Parfum Sesuai dengan Tanda Zodiak Anda

Pohon ini dapat ditemukan di Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini, di mana bisa mencapai ketinggian hingga 250 kaki di udara. Meskipun tingginya mengesankan, kulit pohon multiwarna yang membuatnya menonjol.

Pohon kayu putih atau eucalyptus.(f:ist/mistar)

Saat pohon pelangi eucalyptus berguguran, pertama kali terlihat kulit bagian dalam berwarna hijau cerah. Seiring waktu, warna ini berubah menjadi warna yang berbeda, biru, ungu, oranye, dan merah marun.

Garis-garis warna-warni tercipta karena kulit pohon tidak rontok sekaligus. Perlahan-lahan, seiring waktu, berbagai lapisan rontok, sementara area lain yang terbuka adalah bagian yang paling menua.

Baca Juga:KELUARGA IBARAT POHON

Proses ini menghasilkan visual yang spektakuler, seperti pohon yang kita tonton di film Alice in Wonderland. Penampilannya yang unik juga membuatnya cukup populer di kalangan pecinta taman.

Pohon ini dapat ditemukan di kebun raya di seluruh dunia dan sering ditanam sebagai pohon hias di Hawaii, Texas, Louisiana, dan California Selatan, di mana iklim bebas es memungkinkannya untuk tumbuh subur.

Menariknya, pohon ini juga memiliki nilai komersial tinggi yang tidak ada hubungannya dengan warnanya. Pohon ini sering ditemukan di perkebunan, karena merupakan sumber yang sangat baik untuk kayu pulp — bahan utama pembuatan kertas putih.(mymodernmet/ja/hm10)

Related Articles

Latest Articles