-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

5 Cara Untuk Menghindari Sakit Selama Musim Hujan

MISTAR.ID–Selamat datang di musim penghujan. Musim yang selalu menambah jumlah pasien dengan masalah pernafasaan seperti flu, batuk dan sakit tenggorokan. Kita tahu bahwa musim hujan selalu membuat kita harus kehujanan terutama di siang menjelang sore dan malam.

Tidak ada yang bisa kita salahkan ketika harus tiba di rumah dalam keadaan basah sehabis kehujanan. Solusinya hanya satu, persiapkan diri Anda sebelumnya, sehingga Anda bisa selalu kering dan kondisi tubuh bisa fit sepanjang musim hujan ini.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit selam musim hujan.

Konsumsi vitamin C.
Mungkin ada beberapa perdebatan tentang hal ini, tetapi sudah terbukti bahwa vitamin C membantu mencegah dan menyembuhkan pilek. Anda harus mengonsumsi suplemen ini sepanjang musim hujan. Vitamin C membantu mengurangi gejala flu parah dan dengan bantuan vitamin C yang baik, antibodi Anda akan melawan flu lebih cepat — atau menjauhkan Anda dari flu.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat dengan Makanan Sehat

Selalu persiapkan perlengkapan hujan Anda
Anda dapat mempercayai ramalan hujan harian Anda, tetapi tetap saja alam yang akan menentukan. Yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan diri selalu. Selalu bawa payung, mantel hujan di bawah jok motor Anda jika Anda seorang pengendara motor, dan payung lipat di dalam tas Anda jika Anda seorang pejalan kaki. Dengan persiapan ini maka Anda tetap akan kering dalam beraktivitas sepanjang musim hujan.

Minum banyak air
Menghidrasi tubuh Anda membantu mengatasi hal seperti pilek dan flu. Tentu saja, air juga membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Anda bisa melakukan dengan teh herbal juga. Teh memiliki sifat kuratif untuk batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

Mandi
Ketika Anda sampai di rumah setelah kehujanan, segeralah mandi.Mandi menstabilkan suhu dingin yang Anda rasakan di saat kehujanan dan mengembalikannya ke suhu normal. Dan itu membersihkan Anda dari semua zat beracun yang terakumulasi dari hujan.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehat Para Bangsawan dari Seluruh Dunia yang Bisa Kita Ikuti

Hindari jajanan atau makanan jalanan
Kita tahu bahwa jenis makanan panas atau berkuah yang dijajakan keliling ataupun di food court terbuka dan disajikan panas-panas sangat menggoda saat musim hujan. Tapi Anda lebih baik menghindarinya sepanjang musim hujan. Hindari apa pun yang dimasak di udara terbuka yang kemungkinan besar bersentuhan dengan penyakit yang ditularkan melalui udara dan air. Meskipun mereka sudah berada di bawah payung yang besar, partikel kecil tetap saja bertebaran di udara bebas.

Jaga kesehatan di musim hujan ini dengan tidak mengambil risiko, terutama di masa pandemi. Sistem imunitas yang baik sangat bisa mencegah Anda terhindar dari penyakit yang disebabkan virus korona ini.(Globe.com/ja/hm02)

Related Articles

Latest Articles