22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Dilaporkan Efektif 95%

London, MISTAR.ID

Vaksin Covid-19 ketiga setelah Pfizer dan Moderna yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford dilaporkan sangat efektif hingga 95 persen untuk melawan Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh para peneliti kandidat vaksin tersebut pada Senin (23/11/20), sebagaimana dilansir media. Kandidat vaksin Covid-19 tersebut dilaporkan berhasil mencegah infeksi virus corona terhadap 70 persen sukarelawan dalam uji coba tahap akhir.

Salah satu peneliti, Andrew Pollard, mengatakan, para ilmuwan senang dengan hasilnya. Para peneliti mengatakan bahwa jika orang diberi setengah dosis diikuti dengan satu dosis penuh, efektivitas perlindungan terhadap Covid-19 menjadi sekitar 90 persen. Sementara itu, dilansir dari media jika orang diberi dua dosis secara penuh, efektivitasnya malah turun menjadi 62 persen.

Baca juga: Peru Tolak Vaksin Covid-19 AstraZeneca

“Temuan ini menunjukkan bahwa kami memiliki vaksin efektif yang akan menyelamatkan banyak nyawa,” katanya. Dua produsen obat lain, Pfizer dan Moderna, pada pekan lalu juga melaporkan hasil awal yang menjanjikan dari uji coba tahap akhir. Hasil temuan awal tersebut menunjukkan bahwa kandidat vaksin Covid-19 kedua perusahaan itu hampir 95 persen efektif.

Sementara itu, dilansir dari media, Kepala Eksekutif AstraZeneca Pascal Soriot mengatakan, kandidat vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan efektif melawan Covid-19.

“Kemanjuran dan keamanan vaksin ini mengonfirmasi bahwa vaksin itu akan sangat efektif melawan Covid-19 dan akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat ini,” kata Soriot dalam sebuah pernyataan. Hasil tersebut menandai terobosan baru dalam perang melawan pandemi yang telah menewaskan hampir 1,4 juta orang dan mengguncang ekonomi global. (kompas/hm09)

Related Articles

Latest Articles