18 C
New York
Friday, October 4, 2024

Proyek Flyover Sitinjau Lauik, Pemenang Tender Diumumkan 7 Oktober

Jakarta, MISTAR.ID

Pembangunan flyover atau jalan layang Sitinjau Lauik sepertinya akan segera terwujud. Pasalnya, pemenang tender proyek flyover di Jalan Raya Padang-Jambi Lubuk Kilangan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, sudah akan diumumkan pada 7 Oktober 2024.

Updeta terkini terkait dengan perkembangan tahapan pembangunan flyover yang sudah masuk dalam tahap tender pada April 2024 lalu itu, dikabarkan Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) dari Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade dalam keterangan persnya, pada Jumat (4/10/24).

“Kami berikan informasi terbaru, setelah berkomunikasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR kemarin. Insyaallah pada 7 Oktober 2024 ini akan dilakukan penandatanganan berita acara hasil negosiasi atau pengumuman pemenang lelang. Ini adalah penanda akan segera dibangunnya fly over,” tuturnya.

Baca juga: KPPU Terima Laporan Adanya Indikasi Persekongkolan Tender Renovasi Stadion Teladan Medan

Setelah diumumkan, Andre menyampaikan, kepastian penekanan kontrak pembangunan juga akan segera dilakukan. Dijadwalkan, sebelum 20 Oktober 2024 akan dilakukan dengan pemenang tender dan semua stakeholder terkait.

“Kami berikan update terbaru sesuai aspirasi warga Sumbar yang suka bertanya-tanya kepada kami. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief yang memberikan langsung informasi itu. Insyaallah, sebagai wakil rakyat asal Sumbar, kami akan terus mengawal dan mengupdate informasi pembangunan flyover ini,” tuturnya.

Andre, yang merupakan anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, juga memastikan rencana pembangunan flyover itu terus berjalan meski pengumuman pemenang tender yang direncanakan 13 September 2024 lalu sempat tertunda karena masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan antara pihak PT Hutama Karya (HK) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Kemenkes Buka Tender Proyek Rp1 Miliar Beli Kondom

Andre optimistis proses itu tidak memakan waktu lama. Dan ia juga berharap dalam waktu dekat, sudah ada kepastian terkait pemenang tender pembangunan Flyover Sitinjau Lauik. Pada periode keduanya di DPR, Andre bilang, dirinya mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memperjuangkan aspirasi dan pembangunan di Sumatera Barat (Sumbar).

“Inilah tugas dan tanggung jawab sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, partainya Pak Prabowo Subianto, presiden terpilih Republik Indonesia. Kami akan terus bekerja, terus berjuang, agar harapan rakyat, masyarakat Sumatera Barat, bisa kita wujudkan,” tutup Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

Sekadar informasi, Sitinjau Lauik adalah merupakan tanjakan ekstrem dengan pemandangan indah. Sitinjau lauik termasuk jalur nasional dan memiliki badan jalan yang lebar, namun tidak semua kendaraan dapat dengan mudah mengambil dan memilih jalur ini. Sebab, untuk kendaraan berat diharuskan mengambil sisi terluar yang landai agar mendapatkan momentum untuk menanjak. (dtc/viva/hm27)

Related Articles

Latest Articles