16.4 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Puluhan DU/DI Semarakkan Job Fair 2024 SMKN 1 Pematangsiantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar menggelar Job Fair Tahun 2024 yang digelar selama 2 hari berturut-turut, pada Kamis-Jumat (3-4/10/24).

Job fair dengan tema ‘Membuka Peluang, Meraih Masa Depan’ berlangsung di komplek sekolah, dihadiri Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Wilayah VI Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), R Zuhri Bintang, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pematangsiantar, Robert Sitanggang, Kasi SMK, Robinson Sitanggang, mewakili Ketua Dekranasda Pematangsiantar, Susanti Dewayani, kepala SMKN 1, Beslon Samosir, guru, para alumni dan siswa-siswi kelas XII serta tamu undangan lainnya.

Beslon menjelaskan, kegiatan job fair tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para pencari kerja khususnya alumni SMKN 1 Pematangsiantar dalam mendapatkan kesempatan bekerja di berbagai industri dan dunia usaha.

Baca juga:Produk Unggulan SMKN 1 Siantar Dipamerkan di Teaching Factory

“Kegiatan ini adalah salah satu bagian dari program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK). Job fair ini bertujuan untuk memfasilitasi lulusan atau alumni agar bisa mendapatkan informasi lowongan kerja, namun juga terbuka untuk umum, ” kata Beslon, pada Kamis (3/10/24).

Ia menambahkan, dalam kegiatan kali ini, SMKN 1 Pematangsiantar bekerja sama dengan 20 lebih dunia usaha dan industri (DU/DI). Industri itu berasal dari wilayah Siantar-Simalungun, dan Medan yang memiliki peluang untuk menyeleksi ataupun merekrut tenaga kerja yang di sediakan.

Sementara Zuhri dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan job fair yang dilaksanakan SMKN 1 Pematangsiantar. Dia mengatakan, kegiatan job fair ini merupakan puncak atau inti dari SMK PK.

Baca juga:50 Pelajar SMKN 1 Siantar Sukses Ikuti ANBK 2023

Melalui job fair tersebut, Zuhri menuturkan nantinya para alumni dapat terserap untuk bekerja di dunia industri. Ia juga menegaskan, melalui job fair stigma lulusan SMK penyumbang angka pengangguran terbesar di Indonesia dapat terpatahkan.

“Saya menghimbau kepada Kepala SMK agar menjalin kerja sama yang lebih banyak lagi terhadap dunia industri maupun dunia usaha,” imbuhnya.

“Kita percaya bahwa job fair ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi lulusan maupun alumni. Dan kita berharap, melalui kegiatan ini, para siswa-siswi dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja setelah mereka lulus menuju Indonesia emas tahun 2045,” tutup Zuhri. (yetty/hm16)

Related Articles

Latest Articles