16.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Wardiksu Minta Satgas Saber Pungli Pantau Korwilcam Lubuk Pakam

Deli Serdang, MISTAR.ID

Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) diminta untuk memantau oknum Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dinas Pendidikan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Sebab, oknum Korwilcam tersebut diduga melakukan pungli terhadap para kepala sekolah (Kasek) Dasar Negeri di Kecamatan Lubuk Pakam yang mendapat bantuan dari pemerintah.

Desakan ini disampaikan Ketua Wartawan Pendidikan Sumatera Utara (Wardiksu), Vera Sinaga saat dikonfirmasi, Jumat (13/9/24).

“Sumbangan ataupun bantuan pendidikan yang disalurkan pemerintah kepada sekolah tujuannya untuk menunjang proses pendidikan yang lebih baik. Untuk itu perlu adanya kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah,” ucap Vera.

Kutipan yang dilakukan oknum Korwilcam Disdik Lubuk Pakam, lanjut Vera, tidak memiliki dasar hukum dan perlu dipantau Satgas Saber Pungli.

Baca Juga : Kutipan Dikritisi Korwilcam SD, Ini Penjelasan Korcam SMP Disdik Deli Serdang

“Korwilcam Disdik Lubuk Pakam jangan hanya berjanji untuk melakukan pengecekan. Kelakuan oknum nakal seperti ini segera laporkan ke aparat penegak hukum agar tidak menjadi momok yang meresahkan bagi para kepala sekolah,” tambahnya.

Para kasek SDN di Kecamatan Lubuk Pakam yang mendapat bantuan Chromebook-laptop berikut dengan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), proyek paving block maupun mobiler gratis, mengaku dipungli oleh oknum Korwilcam sebesar Rp1 juta hingga Rp1,2 juta.

Namun tudingan tersebut dibantah oleh Tikwan Siregar, Korwilcam Disdik Lubuk Pakam. Mantan Korwilcam Disdik Tanjung Morawa tersebut mengaku tidak semua SDN di Kecamatan Lubuk Pakam mendapat bantuan Chromebook, proyek paving block dan mobiler gratis.

“Hanya 13 SDN yang mendapat bantuan Chromebook. Jadi Tidak semua SD Negeri di Kecamatan Lubuk Pakam mendapat bantuan chromebook. Begitu juga proyek paving block dan mobiler gratis. Chromebook merupakan bantuan dari Kementerian, sedang proyek paving block dari Disdik Deli Serdang,” jawab Tikwan beberapa waktu lalu.

Tikwan juga membantah dirinya melakukan pungli terhadap sekolah yang mendapat bantuan maupun proyek. (sembiring/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles